BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Kapolda Sulteng Buka Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasum Polri T.A 2023, Berikut Harapannya

Tribratanews, Palu – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Dr Agus Nugroho, SIK, SH, MH hadiri sekaligus membuka acara Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasum Polri Tahun Anggaran (T.A) 2023 Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian, Senin 21 Agustus 2023 pagi, di Rupatama.

Hadir pula dalam acara tersebut diantaranya Wakapolda Sulteng, Brigjen Pol Soeseno Noerhandoko, SIK, Irwil I Itwasum Polri Brigjen Pol Drs. Agus Saripul Hidayat, M.H, Ketua Tim Wasrik Itwasum Polri Kombes Pol Moffan Moedji Kawanti, SH beserta rombongan.

Dalam kata sambutan, Kapolda Sulteng menyampaikan ucapan selamat datang kepada Irwil I Itwasum Polri Brigjen Pol Drs. Agus Saripul Hidayat, MH bersama Ketua tim audit kinerja Itwasum Polri Kombes Pol Moffan Moedji Kawanti, SH beserta rombongan di Polda Sulawesi Tengah yang akan melaksanakan tugas di wilayah Polda Sulawesi Tengah kurang lebih selama 10 hari kedepan.

“Tentunya kehadiran bapak Irwil I berserta tim merupakan suatu kehormatan dan kebaggaan bagi Polda Sulawesi Tengah dan jajarannya, sehingga dapat terlaksananya kegiatan audit kinerja Itwasum Polri tahap II aspek pelaksanaan dan aspek pengendalian tahun anggaran 2023,” ucapnya.

Di tengah situasi dimana kita akan menghadapi tahun politik yang akan datang yaitu pemilihan umum, untuk memberikan konsultasi dalam menjamin terselenggaranya tugas-tugas Kepolisian di Polda Sulawesi Tengah dan jajaran.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kegiatan audit kinerja merupakan salah satu bagian penting dalam setiap proses manajemen Kepolisian yang harus dilaksanakan, guna mengetahui sejauh mana pelaksanaan program kegiatan dan anggaran dapat dilaksanakan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel serta kebijakan pimpinan terjabarkan sampai pada unit organisasi Polri terdepan, sehingga mampu meningkatkan kinerja Polda Sulawesi Tengah dan jajarannya dengan menerapkan prinsip pemerintahan yang bersih dan tata kelola yang baik,” jelasnya.

Kepada para obyek audit kinerja, lanjut Kapolda, hendaknya kegiatan audit kinerja ini dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi dan konsultasi terhadap permasalahan yang dihadapi, dengan memberikan informasi berdasarkan fakta dan data rill sesuai dengan kenyataan di satkernya, agar tujuan dilaksanakannya audit kenerja dapat tercapai.

“Pengoptimalisasian program kerja, kegiatan dan anggaran serta akuntabilitasnya, meminimalisir kemungkinan terjadinya penyimpangan dan kekeliruan dalam pelaksanaan program kerja, kegiatan dan anggaran, serta meningkatkan integritas dan sinergitas antar fungsi,” tambahnya.

“Saya berharap kepada seluruh Kasatker dan Kasatwil selaku obyek audit kinerja agar bekerjasama dan melakukan koordinasi yang baik dengan tim audit kinerja Itwasum Polri sebagai upaya perbaikan dan penyempurnaan, semoga melalui kegiatan audit kenerja ini dapat menjadi faktor pendorong peningkatan kinerja dalam rangka mewujudkan good governance dan clean government,” pungkasnya.(fn)