BID HUKUMBID HUMASSATKER

3.752 Personil dilibatkan Dalam Penanaman Bibit Pohon di Biromaru

Palu, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Djoko Wienartono menyebut 3.752 personil dilibatkan dalam penanaman bibit pohon. Hal itu diungkapkan Rabu (23/8/2023).


Kata Djoko, pihaknya juga telah menyediakan 19.320 bibit untuk ditanam di lokasi-lokasi penghijauan yang telah ditentukan.

“Peran Polisi tidak hanya sebatas penegakan hukum, tetapi juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” ucapnya.

Olehnya, ia berharap penanaman pohon yang didominasi tanaman buah seperti manga, alpukat, sirsak, jambu air dan pohon mahoni dapat memberi manfaat untuk menjadikan lahan yang kosong lebih produktif dan manfaatnya juga bisa dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar.

“Kegiatan ini juga sekaligus menjadi ajang edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan demi keberlangsungan hidup yang lebih baik,” ujarnya.

Diketahui kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) bertajuk Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini.

Diberitakan sebelumnya, kegiatan penanaman pohon ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia melalui virtual zoom meeting yang dipimpin langsung Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.


Sementara, untuk penanaman bibit di Sulteng dipimpin langsung Kapolda Irjen Pol Agus Nugroho di Mako Batalyon A Pelopor Satbrimob, Jl Pelopor, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi.

Jendral bintang dua ini menyampaikan, fungsi utama penghijauan dapat menyerap karbon dan menyaring polusi udara sehingga menjaga suhu bumi tetap dingin.

Menurutnya, kegiatan ini sangat tepat dilakukan untuk melestarikan lingkungan agar kembali asri, sehat dan mengurangi efek dari pencemaran.

“Dengan adanya penghijauan kita berharap oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan dapat membuat lingkungan lebih segar, teduh, sejuk dan nyaman, tuturnya. (ab)