POLRESPOLRES DONGGALA

Dalam Rangka Operasi Zebra, Polres Donggala Laksanakan Apel Gelar Pasukan.

Donggala – Tribratanews.sulteng.polri.go.id

Polres Donggala melaksanakan kegiatan apel gelar pasukan dalam rangka operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi Zebra Tinombala 2023,Senin (04/09/23)

Kegiatan tersebut berlangsung di lapangan depan Mako Polres Donggala yang bertindak sebagai Inspektur apel Wakapolres Donggala Kompol Nazarudin,S.H Perwira apel Kasat Lantas AKP Aris Suhendar,S.T.K.,S.I.K., dan sebagai komandan Apel Ipda Herman.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabagsdm Polres AKP Syamsuddin,S.Sos, Dandim 1306/Kota Palu yang diwakili oleh Pabung Donggala Mayor INF Hanafi trifianto, Danramil 1306-06 Banawa Lettu CBA Agus Budiman, Kabagops Polres Donggala AKP Syahrul Alamsah,S.H.,M.A.P.,  Kepala Satpol PP Haedar,  serta Kepala Dinas Perhubungan Donggala diwakili, dan para PJU Polres Donggala.

Kegiatan apel tersebut diikuti oleh 7 peleton Pleton Perwira Polres, Pleton Koramil 13-06 Banawa, Pleton Personil Polres, Pleton Satlantas, Pleton Intel dan Reskrim , Pleton Dishub, dan Pleton Satpol PP.

Melalui kegiatan tersebut Kapolres Donggala AKBP Efos Satria Wisnuwardhana,S.I.K.,M.I.K yang diwakili Wakapolres Kompol Nazarudin,S.H selaku Inspektur Apel  membacakan amanat Kapolda Sulteng diantaranya:

Operasi Zebra Tinombala 2023 ini digelar selama 14 Hari mulai hari ini tanggal 4 s/d 17 September 2023 dalam rangka menciptakan kondisi kamseltibcarlantas yang kondusif menuju pemilu 2024.” Ucap waka

Kegiatan apel ini merupakan salah satu bagian dari proses manajerial yang harus dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan baik personil maupun perlengkapan dalam mensukseskan penggelaran operasi yang akan dilaksanakan.

Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan karena keselamatan Memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas.

Berdasarkan data yang ada bahwa pada
Pelaksanaan operasi zebra tahun 2022 sebanyak 43 kejadian, mengalami kenaikan sebanyak 12 kejadian atau naik 39%, dibandingkan periode tahun 2021 sebanyak 31 kejadian,  korban meninggal dunia sebanyak 12 orang mengalami penurunan sebanyak 1 orang atau 8 % dibandingkan dengan periode tahun 2021 sebanyak 13 orang. jumlah angka kecelakaan maupun terhadap korban yang meninggal dunia.
” Tutur Wakapolres

Selain itu berdasarkan aplikasi IRSMS (INTEGRATED ROAD SAFETY MANAGEMENT SYSTEM) yang dikelola Ditlantas Polda Sulteng data jumlah kecelakaan wilayah hukum Polda Sulteng pada Tahun 2022 sebanyak 1.144 Kejadian, korban yang Meniggal Dunia 361 Orang, sedangkan pada tahun 2021 sebanyak 974 Kejadian dengan meninggal dunia 327 Orang. Jika kita melihat data IRSMS tersebut terjadi kenaikan jumlah kecelakaan sebesar 170 Kejadian atau naik 17 %. ” Terang Wakapolres

Saya mengharapkan kepada seluruh personel yang terlibat dalam Ops Zebra Tinombala 2023 khususnya anggota polantas agar bertugas secara maksimal dan inovatif supaya pelaksanaan dapat memberikan hasil yang lebih baik.” Sambungnya

Sebelum Mengakhiri amanat ini, ada beberapa hal penekanan selama Operasi Zebra TINOMBALA 2023, yaitu:

1. Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, dasari kegiatan dengan niat sebagai ibadah,
2.  kedepankan sikap humanis dalam pelaksanaan pelanggaran lalulintas baik bersifat teguran maupun ETLE,
3. Berikan edukasi kamseltibcarlantas kepada masyarakat secara Intens dan Massif khususnya kaum milenial,
4. Bangun komunikasi yang baik dengan masyarakat,
5. Jaga keselamatan, keamanan diri, tingkatkan kewaspadaan,
6. Hindari tindakan arogan dan pungli,
7. Selama operasi berlangsung para komandan satuan melakukan pengawasan secara ketat dilapangan,
8. Dalam pemeriksaan kendaraan bermotor melibatkan anggota TNI dan dishub dalam perkuatan unsur pelaksana operasi.

Demikian amanat pada apel gelar pasukan ini, saya mengucapkan selamat melaksanakan tugas “OPS Zebra Tinombala 2023″ semoga Allah SWT Tuhan yang maha esa  senantiasa memberikan perlindungannya. ” tutupnya

Polres Donggala (As/Hms)