GeneralHUKUMLatestNewsOPINIPOLRESPOLRES TOLI-TOLI

Kasat Resnarkoba Polres Tolitoli Sosialisasi ke Desa Galumpang Karena Memenuhi Kriteria Kampung Tangguh Bebas Narkoba

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kasus penyalahgunaan Narkoba di Wilayah Hukum Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) terbilang cukup tinggi. Sulteng bahkan masih berada pada urutan 4 nasional penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Karena itu berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan telah dilakukan berbagai pihak.

Salah satunya program kampung tangguh bebas narkoba. Program ini adalah wujud nyata sinergitas Polri bersama masyarakat dalam mendorong kampung tangguh bersih dari Narkoba. Upaya ini juga dinilai menjadi strategi untuk menyelamatkan generasi bangsa.

Program kampung tangguh bebas narkoba ini nantinya diperkuat dengan pelaksanaan lomba Kampung tangguh bebas narkoba tingkat Provinsi dan Nasional.

Dari Wilayah Hukum Polda Sulteng, Desa Galumpang Kecamatan Dakopamean Kabupaten Tolitoli terpilih menjadi satu-satunya Desa untuk menjadi kampung tangguh anti narkoba. Desa ini juga akan diikutsertakan dalam lomba kampung tangguh anti narkoba tingkat Polda Sulteng.

Terkait hal itu, Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Tolitoli Iptu Hasanuddin bersama tim Opsnal dan penyidik mengunjungi Desa Galumpang Kecamatan Dakopamean, Selasa 8 Agustus 2023 untuk rencana pembentukan desa ini sebagai kampung tangguh anti narkoba. Rombongan Kasat Resnarkoba ini juga melaksanakan sosialisasi di desa tersebut.

Sebab Desa ini dianggap desa  paling memenuhi kriteria menjadi kampung tangguh bebas narkoba di wilayah hukum Polres Tolitoli.

Dengan tekad dan semangat, Kasat Satresnarkoba Polres Tolitoli menemui kepala desa serta komponen masyarakat dan sejumlah tokoh masyarakat setempat untuk kepentingan itu. Babinsa setempat bahkan menyambut baik rencana Kasat Narkoba Polres Tolitoli ini.

Dalam sosialisasi juga mengemuka permintaan warga agar pihak Resnarkoba menayangkan film dokumenter tentang bahayanya penyalahgunaan dan peredaran narkoba tepat pada malam HUT RI tanggal 17 Agustus 2023 mendatang. Permintaan ini langsung diamini Kasat Narkoba dan menyatakan kesediaan untuk penayangan film dokumenter tersebut.

Kasat Resnarkoba Polres Tolitoli, IPTU Hasanuddin Hamid, S.H. menjelaskan, dalam struktur kampung tangguh bebas narkoba, Bupati dan Kapolres didudukkan sebagai pembina.

Ia menjelaskan, pada akhir September 2023 nanti, tim penilai lomba kampung tangguh bebas narkoba dari Mapolda Sulteng direncanakan melaksanakan penilaian di Desa Galumpang

Maka kata IPTU Hasanuddin Hamid, S.H. tidak menutup kemungkinan Desa Galumpang bisa menjadi pemenang tingkat provinsi dan akan diteruskan berkompetisi secara nasional yang akan dinilai langsung tim Mabes Polri.

IPTU Hasanuddin Hamid, S.H. menerangkan dana untuk melaksanakan program ini bersumber dari dana desa dan APBD. Termasuk supporting para pihak yang peduli dengan pentingnya memerangi narkoba khususnya wilayah hukum Kecamatan Dakopamean. “Kami hanya moda semangat serta tekad menyukseskan lomba kampung tangguh bebas narkoba ini dengan harapan dukungan penuh pemerintah daerah serta pemerintah desa, TNI serta tokoh masyarakat setempat,”pungkasnya