POLRES BANGGAI

Cegah Gangguan Listrik, Bhabinkamtibmas Bersama Petugas PLN Bersihkan Ranting Pohon

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Untuk mencegah terjadinya korban kebakaran maupun nyawa akibat konsleting listrik tegangan tinggi karena ranting maupun batang pohon, Bhabinkamtibmas Polsek Luwuk Aipda Sumarno Patoding bersama petugas PLN Cabang Luwuk melaksanakan pemotongan serta pembersihan ranting dan pohon yang dekat dengan jaringan listrik.

Kegiatan tersebut dilakukan di jalan Desa Uwedikan Kecamatan Luwuk Timur Kabupaten Banggai, Kamis (14/9/2023) pukul 14.00 Wita.

“Pemotongan, pemangkasan serta pembersihan terhadap pohon-pohon yang menghalangi dan membahayakan kabel jaringan listrik bertegangan tinggi, maka dilakukan pembersihan dengan tujuan agar tidak terjadi konsleting,” kata Bhabin.

Selain itu pula, jika terjadi angin kencang maupun hujan secara tiba-tiba maka pohon yang lebat dekat dengan jaringan listrik dikuatirkan akan tumbang dan menimpa kabel aliran listrik, hal ini dapat memicu terjadinya konsleting dan padamnya listrik.

Akibat ranting pohon yang menimpa jaringan bisa terjadi kebakaran pada gardu-gardu listrik dan juga menimbulkan korban jiwa.

“Untuk menghindari kejadian-kejadian ini, kami bersama PLN Cabang Luwuk melaksanakan pemotogan dan pembersihan ranting maupun pohon yang dekat dengan kabel jaringan listrik bertegangan tinggi,” Pungkas Aipda Sumarno.*Humas Polres Banggai