GeneralLatestNewsPOLRES TOUNA

Peringati Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-68, Sat Lantas Polres Touna Gelar Syukuran

Touna, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Tojo Una Una (Touna) Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar acara syukuran dalam rangka memperingati Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 Tahun 2023 bertempat di halaman Mako Sat Lantas Polres Touna, Jumat (22/09/23).

Acara syukuran ini dipimpin oleh Kapolres Touna yang diwakili Kabag SDM AKP Muhammad Asdar, SH didampingi Kasat Lantas Iptu Andriansyah Arthadana, S.Tr.k dan dihadiri PJU bersama Perwira Polres Touna, Mitra Lalu Lintas dari Dinas Perhubungan Touna, Dinas PUPR Touna, UPTD Badan pendapatan wilayah IX Touna, Jasa Raharja, Pimpinan BRI Cabang Ampana, Pimpinan BPD Cabang Ampana, Pimpinan Dealer Motor Yamaha serta Dealer Motor Honda.

Kabag SDM AKP Muhammad Asdar dalam sambutannya menyampaikan dalam rangka memperingati Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 tahun 2023 yang bertemakan “Modernisasi Pelayanan Polantas Presisi Mengawal Pemilu Damai Untuk Indonesia Maju” Sat Lantas Polres Touna telah melaksanakan beberapa kegiatan bakti sosial (Baksos).

“Kegiatan Baksos tersebut yakni Penyerahan bantuan bangunan rumah ibadah dan melaksanakan pembersihan di beberapa rumah ibadah yang ada di wilayah Kabupaten Touna, Penyerahan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu, tukang ojek, dan lansia/janda serta pensiunan polri, olahraga bersama, kegiatan fun run, lomba puisi dan polisi cilik,” ucap Kabag SDM.

Kabag SDM mengatakan peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara berkaitan dengan lahirnya Polisi Lalu Lintas. Adapun Polisi Lalu Lintas bertugas untuk melaksanakan tugas polri di bidang lalu lintas yang meliputi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan dalam pengendalian lalu lintas untuk mencegah dan meniadakan segala bentuk gangguan serta ancaman agar terjamin keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran lalu lintas di jalan umum.

“Hari Lalu Lintas Bhayangkara berhubungan dengan sejarah lahirnya fungsi lalu lintas pada Kepolisian Negara Republik Indonesia. Berdasarkan Keputusan Kepala Jawatan Kepolisian Negara, pada tanggal 22 September 1955 dibentuk Seksi Lalu Lintas Jalan pada Tingkat Pusat yang langsung berada di bawah Kepala Jawatan Kepolisian Negara. Peristiwa tersebut menjadi latar belakang peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara,” jelasnya.

Lanjut kata Kabag SDM, pada perkembangannya,  lalu lintas memiliki fungsi penting dalam mendukung pembangunan nasional. Lalu lintas tidak hanya dipahami sebagai gerak pindah orang dan barang, tetapi juga sebagai urat nadi kehidupan, serta cermin budaya, modernitas, dan kemajuan suatu bangsa.

“Dalam kaitan tersebut, Personel Jajaran Lalu Lintas menjadi salah satu barisan depan Polri yang berinteraksi dengan publik. Mereka berada pada garis terdepan yang langsung bersentuhan dengan seluruh lapisan masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan. Oleh karena itu, performa dan kinerja Personel Lalu Lintas memberi pengaruh penting dalam pembentukan kepercayaan publik terhadap Polri, ” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Kabag SDM mengucapkan selamat Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 dan berpesan kepada Personel Sat Lantas Polres Touna agar melaksanakan tugas dengan baik, utamakan kesabaran, keikhlasan, jadikan tugas sebagai ibadah dan laksanakan tugas sesuai dengan SOP, karena kita ketahui bersama siapapun yang berjiwa penjahat tidak akan pernah berteman dengan polisi.

“Serta kepada mitra lalu lintas, saya mewakili Kapolres Touna mengucapkan terima kasih atas kehadirannya dan telah memberikan krans bunga Hari Lalu Lintas pada hari ini,” tutupnya.

Syukuran Hari Lalu Lintas ini dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Kabag SDM AKP Muhammad Asdar didampingi Kasat Lantas Iptu Andriansyah Arthadana yang diserahkan kepada Personil Satlantas Polres Touna yang NRP termuda.

Dilanjutkan makan bersama dan foto bersama Kabag SDM Polres Touna bersama PJU dan Personil Sat Lantas Polres Touna, Mitra Lalu Lintas serta tamu undangan lainnya.*Humas*