LatestNewsPOLRESPOLRES POSO

Ketua FKUB Sulteng : Moderasi Beragama sebagai Perekat dan Pemersatu Bangsa

Tribratanews, Poso – Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah Prof. Dr KH. Zainal Abidin, M.Ag menganggap perbedaan suku, ras, agama dan antar golongan adalah pemberian Tuhan

Perbedaan itu jelasnya merupakan karunia Tuhan yang harus dihormati dan dihargai bukan sebaliknya saling mencaci dan memaki bahkan saling menyalahkan.

Hal itu diungkapkan Prof. Zainal saat memberikan materi peningkatan kemampuan kepada Imam masjid dan pegawai syara se Kabupaten Poso yang diselenggarakan Satgas Operasi Madago Raya di Poso, Sulawesi Tengah, Sabtu (23/9/2023).

“Indonesia memiliki beragam budaya, suku, ras, agama dan antar golongan sebagai karunia Tuhan harus dikelola dengan baik,” pesannya.

“Sehingga walaupun kita berbeda tapi kita harus satu Indonesia,” tegas Prof. Zainal yang juga Ketua MUI Kota Palu.

Olehnya moderasi beragama sebgai langkah yang harus dilakukan agar kita dapat mengelola perbedaan menjadi kekuatan, terang Rais Syuriah Nahdatul Ulama Sulteng itu.

Dalam kesempatan tersebut Prof. Zainal mengungkapkan Strategi yang harus dilakukan, antara lain Menerima perbedaan, mengedepankan persamaaan, saling percaya saling memahami dan saling mengerti, moderasi beragama dan kesadaran global, pungkasnya.

Peningkatan kemampuan kepada Imam masjid dan pegawai syara se Kab. Poso turut dihadiri Kasatgas Preemtif Operasi Madago Raya AKBP Taufik Lamakarate, S.H, Kementrian Agama Kabupaten Poso H. Ahmad Suhardi, S.Pd.I, M.M dan jajaran satgas preemtif.