POLRES TOUNA

Tim Gabungan Berhasil Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan di Dusun Kajura’a Desa Tayawa

Touna, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Tim gabungan dari Personil Polsek Tojo, Personil Koramil 1307-04, Tim Ops Manggala Agni dan masyarakat setempat berhasil padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Dusun Kajura’a Desa Tayawa, Kecamatan Tojo, Kabupaten Touna, Kamis (12/10/2023).

Kapolres Touna, AKBP S. Sophian, SIK, MH melalui Kapolsek Tojo AKP Murlan Tarifuddin mengatakan kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di di Dusun Kajura’a Desa Tayawa, Kecamatan Tojo, Kabupaten Touna, terjadi pada Rabu (11/10/2023) kemarin sekitar pukul 13.00 Wita.

“Setelah kurang lebih 29 jam berjibaku untuk memadamkan api, akhirnya tim gabungan dari Personil Polsek Tojo, Personil Koramil 1307-04, Tim Ops Manggala Agni dan masyarakat setempat berhasil dipadamkan, Kamis (12/10/2023) sekitar pukul 18.30 Wita,” ungkap AKP Murlan Tarifuddin.

Kapolsek mengungkapkan bahwa kendala yang di alami Tim Karhutla yaitu masalah air yang sangat jauh dan medan pengunungan yang mempunyai dataran tinggi dan sulit di jangkau sehingga pemadaman berjalan lambat.

“Upaya terus dilakukan oleh Tim Karhutla dan akhrinya kurang lebih 29 jam, apa berhasil dipadamkan,” ungkap Ulla sapaan akrab Kapolsek Tojo ini.

“Dari hasil dari GPS Tim Manggala Agni diperkirakan luas lahan yang sudah terbakar antara lain luas lahan perkebunan masyarakat yang memiliki tanaman dan yang belum di olah terbakar seluas 15 KM, sedangkan Hutan Desa Tayawa terbakar seluas 25 KM,” tambahnya.

“Kami terus memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan perkebunan maupun pekarangan pada saat musim panas ini,” tandasnya.(Humas)