GeneralLatestNewsPOLRES TOUNA

Polres Touna Gelar Simulasi Sispamkota Tangani Kericuhan Massa Aksi Tidak Puas Hasil Pemilu 2024

Touna, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Polres Touna menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di lapangan Apel Mako Polres Touna, Selasa (17/20/2023). Sispamkota ini dilaksanakan dalam rangka untuk persiapan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Simulasi ini menggambarkan berbagai aspek situasi pasca Pemilu Tahun 2024 yang kemudian dilanjutkan dengan patroli gabungan TNI Polri dalam rangka menciptakan Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Touna.

Tak hanya itu, dalam simulasi ini massa pendemo yang tidak puas dengan hasil pemilihan suara di Kantor KPU hingga terjadi bentrokan antara dengan petugas pengamanan.

Massa sempat melakukan orasi, dilanjutkan melemparkan bungkus air, lalu mendorong petugas kepolisian yang sebelumnya sempat terjadi negosiasi antara polisi dan massa serta menyemprotkan air untuk memukul mundur massa.

Kapolres Touna, AKBP S. Sophian, SIK, MH menjelaskan, Kepolisian telah menyiapkan scenario-skenario pengamanan khususnya dalam rangka Pemilu 2024 khususnya di wilayah hukum Polres Touna.

“Simulasi ini menjadi gambaran apa saja kemungkinan yang terjadi selama pelaksanaan Pemilu 2024, sampai dengan situasi yang terburuk pun kami persiapkan dan antisipasi,” ujar AKBP S. Sophian.

“Dengan adanya simulasi Sispamkota, diharapkan personel yang terlibat dalam pengamanan Pemilu akan lebih siap dalam menangani berbagai situasi yang mungkin timbul,” lanjutnya.

Kapolres menyebutkan, dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan Pemilu 2024, Polres Touna bekerja sama erat dengan instansi terkait untuk mengidentifikasi potensi ancaman dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

“Hingga saat ini, situasi Kabupaten Touna masih dalam kondisi aman dan kondusif, namun simulasi Sispamkota ini menjadi langkah antisipasi penting untuk meminimalkan potensi masalah yang dapat terjadi pada saat Pemilu nanti,” tambahnya.

“Harapannya melalui kerja sama antar lembaga dan pelaksanaan simulasi ini, Pemilu 2024 di Kabupaten Touna dapat berlangsung dengan aman, damai, dan berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi yang sehat dan adil,” pungkasnya.(Humas)