POLRES BANGGAI

Kapolsek Bualemo Hadiri Pertemuan PT. WMP dan Warga Terkait Perluasan Plasma Kebun Sawit

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kapolsek Bualemo IPTU Rudi Dg. Sumbung, SH, menghadiri Sosialisasi/Pertemuan antara PT. Wira Mas Permai (WMP) dengan masyarakat di Balai Desa Binsil K Kecamatan Bualemo Kabupaten Banggai, Sabtu (21/10/2023).

Pertemuan tersebut membahas tentang perluasan plasma tanama kelapa sawit di Desa Binsil K, Bualemo.

Kegiatan itu di hadiri antara lain Sekcam Bualemo, Plt Kades dan BPD Binsil K, PT. WMP, serta sekitar 20 masyarakat.

Kapolsek Bualemo mengungkapkan bahwa dalam pertemuan tersebut masyarakat meminta kepada pihak perusahaan PT. WMP untuk mengkaji kembali terkait dengan dana plasma tanaman kelapa sawit yang telah diberikan kepada Desa Binsil K sebesar Rp. 26 Juta.

“Bahwa dalam pertemuan antara warga dengan perusahaan belum mendapatkan kesepakatan sehingga akan dilakukan pertemuan lanjutan,” ujarnya.

IPTU Rudy menjelaskan, realisasi perkebunan plasma merupakan kewajiban perusahaan sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 98 Tahun 2013, dimana setiap perusahaan perkebunan harus menyiapkan 20 persen dari luasan perkebunannya untuk dijadikan kebun plasma.

“Kami Kepolisian selaku aparat sektoral akan terus mengapresiasi dan mendukung program pemerintah Kabupaten Banggai demi memajukan kesejahteraan masyarakat khususnya petani sawit di wilayah Kecamatan Bualemo,”

Kapolsek Bualemo IPTU Rudi juga mengatakan bahwa tetap di lakukan monitoring atas pertemuan-pertemuan selanjutnya guna meminimalisir kejadian yang dapat berimbas pada situasi yg tidak kondusif.*Humas Polres Banggai