BID HUMASLatestNewsPOLRES BANGGAI

Polsek Toili Pengamanan Upacara Piodalan di Toili Barat

Banggai – Seperti biasa setiap enam bulan sekali Upacara Piodalan dilaksanakan di Pura Khayangan Jagad Ulundanu yang terletak di Desa Mekar Sari Kecamatan Toili Barat, Banggai, Senin (30/10/2023).

Umat Hindu dari Kecamatan Batui, Toili, Toili Jaya dan Toili Barat hadir membludak melaksanakan persembahyangan di Pura tersebut.

Terpantau ribuan orang mengikuti Upacara Piodolan yang dipimpin oleh Pemangku Ida Mpu Acarya Nabe Setiana.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 29 sampai 31 Oktober 2023. Hari pertama hadir 600 orang dan hari kedua 1.200 orang.

“Puncaknya sebentar, kemungkinan akan lebih banyak lagi umat Hindu yang hadir menginggat ada hiburan lawak dari artis Bali, yakni Made Arimbawa alias Lolak,” ujar Kapolsek Toili IPTU Nanang Afrioko, SH, MH.

Personil Polsek Toili Aipda I Putu Edi Sastrawan, S.Sos bersinergi dengan pecalang setempat melaksanakan pengamanan di sekitar Pura. Sementara terpantau pemedek berdatangan ke pura ini. Dan arus Lalu lintas tetap lancar.

Kapolsek Toili mengatakan, dalam persiapan pengamanan piodalan di Pura Khayangan Jagad Ulundanu, sebelumnya telah berkoordinasi dengan perangkat Desa dan PHDI untuk memberikan pelayanan terbaik kepada umat Hindu yang datang dari 4 kecamatan.

“Pengamanan ini sebagai bentuk pelayanan Polri terharap masyarakat untuk semua agama dan kepercayaan yang melaksanakan ibadah/upacara sehingga umat merasa aman dan terlindungi,” ujar Nanang.*Humas Polres Banggai