POLRESPOLRES BANGGAI

Kasi Humas Polres Banggai Hadiri Festival Adat Mombowa Tumpe di Batui

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kapolres Banggai AKBP Ade Nuramdani, SH, SIK, MM, yang diwakili Kasi Humas IPTU Al Amin S. Muda menghadiri festival adat Mombowa Tumpe di Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Sabtu (25/11/2023) malam.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pengawalan ketat dari aparat Polsek Batui dan Koramil, guna memberikan rasa aman, lancar dan suksesnya ritual adat yang sudah berusia ratusan tahun ini.

Mombowa Tumpe dalam bahasa Batui artinya membawa telur pertama Burung Maleo. Ritual adat ini tidak lepas dari sejarah masa lalu antara masyarakat Batui dan Keraton Kerajaan Banggai di Kabupaten Banggai Laut, Provinsi Sulawesi Tengah.

Hadir dalam kegiatan itu yakni, Bupati Banggai Amirudin Tamoreka, Wakil Ketua I DPRD Banggai, Camat Batui, Camat Batui Selatan, Danramil Batui, Kapolsek Batui, Danposal Luwuk, Komisioner KPU, Bosanyo Batui, perangkat adat Batui dan para Kades serta Lurah se-Kecamatan Batui.

Kegiatan yang dihadiri sekitar ratusan masyarakat ini merupakan ritual adat ini rutin digelar setiap tahun di akhir tahun. Mombawa Tumpe atau pengantaran tumpe dari rumah adat Batui menuju pelabuhan tumpe dilakukan dengan berjalan kaki.

Bahwa acara festival mombawa tumpe ini dirangkaikan dengan milad Kecamatan Batui yang ke-315 tahun ini akan dilaksanakan lima hari yakni mulai Sabtu 25 sampai Rabu 29 November 2023.

“Diikuti 25 stand pameran yang terdiri dari 13 kelurahan/desa Kecamatan Batui, 6 stand UPT Pendidikan dan 6 stand isntansi lain,” ungkap Kasi Humas IPTU Amin

Selama kegiatan festival pengantaran tumpe, personil Polsek Batui bersama Koramil melakukan pengaman dan pengaturan lalu lintas sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan aman dan lancar.*Humas Polres Banggai