BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Wakili Kapolda, Kabid Dokkes Hadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2023

Tribratanews, Sigi – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Dr Agus Nugroho, SIK, SH, MH yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Kombes Pol dr. H.A. Budi Prasetijo, M.M menghadiri peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2023, Selasa 05 Desember 2023, di Sentra Nipotowe Jl Guru Tua No. 26 Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Acara tersebut mengangkat tema “United in action to rescue and achieve the SDGs for, with and by persons with disabilities” (Bersatu dalam aksi untuk menyelamatkan dan mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan untuk, dengan dan oleh penyandang disabilitas).

Turut hadir dalam acara itu diantaranya Kepala Sentra Nipotowe Yadi Muchtar, A.KS., MPS.Sp, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulteng Dra. Sitty Hasbia N. Zaenong, Pasi Komsos Korem 132/Tdl, Mayor Czi Udik Heriyanto, serta para undangan lainnya.

Kepala Sentra Nipotowe dalam sambutannya mengatakan bahwa Kegiatan ini merupakan sebuah momentum untuk merefleksikan kembali upaya-upaya yang telah dilakukan dalam memperjuangkan penghormatan, pedindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

“Dengan semangat kebersamaan dalam keragaman, kita berupaya meningkatkan kesetaraan, kesempatan, dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, menjamin akses pendidikan, akses kesehatan, dan akses pekerjaan bagi penyandang disabilitas. Dan membangun sarana prasarana yang accessible untuk menciptakan lingkungan bebas hambatan bagi disabilitas,” ujarnya.

“Sentra Nipotowe Palu yang merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian Sosial hadir untuk memenuhi dan melindungi hak-hak penyandang disabilitas serta siap menggandeng penyandang disabilitas untuk mencapai tujuan pembangunan  berkelanjutan,” tambahnya.

Dalam acara tersebut juga dirangkaikan dengan pemberian bantuan alat untuk penyandang disabilitas seperti kursi roda multiguna, kursi roda standar, kursi roda CP, kursi roda elektrik, kaki palsu, tongkat kaki, tongkat penuntun adaptif, tongkat kruk serta ABD.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulteng menyampaikan bahwa peringatan Hari Disabilitas Internasional kali ini bertujuan untuk mempromosikan hak dan kesejahteraan penyandang disabilitas di setiap tingkat masyarakat  dan pembangunan serta meningkatkan kesadaran mengenai situasi penyandang disabilitas di semua aspek kehidupan politik, sosial, ekonomi dan budaya.

“Kita ingin secara terus-menerus meningkatkan kesetaraan, kesempatan, dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, menjamin akses pendidikan, akses kesehatan, dan akses pekerjaan bagi penyandang disabilitas,” pungkasnya.(fn)