POLRESPOLRES BANGGAI

Diguyur Hujan, Wabub Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Tinombala 2023 di Polres Banggai

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Hujan yang membasahi halaman Mapolres Banggai di Kawasan Bukit Halimun, Luwuk Selatan, Kamis 21 Desember 2023 pagi tidak menyurutkan Wakil Bupati (Wabup) Banggai Drs. H. Furqanuddin Masulili, MM untuk memimpin Apel Operasi Lilin Tinombala-2023.

Begitu juga seluruh peserta apel yang hadir, meski sekujur tubuh basah dan dingin tak menjadi alasan untuk menghentikan salah satu kegiatan dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024.

Kegiatan berlangsung khidmat, diawali dengan laporan komandan apel, pemasangan pita operasi hingga pembacaan amanat tertulis Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Dalam amanat tersebut, Wabub mengatakan, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun Sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan dengan optimal.

“Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar, sebagaimana penekanan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa, “Natal dan tahun baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok,” kata Wabub.

Lanjut Wabub, hal tersebut penting karena momentum nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.

“Potensi pergerakan masyarakat pada Nataru 2023-2024 mencapai 107,63 juta orang, meningkat sebesar 143.65% atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya,” paparnya.

Selain itu, Wabup Furqanuddin, menyebutkan, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu, Furqanuddin menuturkan dalam rangka pengamanan nataru, polri didukung TNI, K/L, pemda, mitra kamtibmas dan stakeholder terkait menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Operasi Lilin 2023” selama 12 hari, mulai 22 Desember 2023 s.d 2 Januari 2024.

“Operasi ini melibatkan129.923 personel yang terdiri dari tni- polri serta stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan,” tuturnya.

Diakhir Amanat, Wabup berpesan kepada seluruh personel agar senantiasa menjaga kesehatan. jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah.

“Terakhir, saya mengucapkan ‘selamat natal 2023 dan tahun baru 2024’. Semoga cahaya dan cinta kasih tuhan senantiasa menyelimuti relung hati kita semua sehingga melahirkan semangat serta harapan baru, demi mewujudkan visi indonesia emas 2045,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan ini yakni, Ketua DPRD Suprapto N. S.Sos, Wakapolres Banggai, Kompol Pino Ary SH, SIK, MM, mewakili Dandim 1308/LB Kapten Inf. Sudirman, para PJU TNI-Polri, Dinas terkait, perwakilan BUMN, BUMD, para tokoh masyarakat, tokoh agama dan adat serta personel gabungan TNI-Polri dan stakeholder terkait.*Humas Polres Banggai