LatestNewsPOLRESPOLRES MOROWALI

Razia Knalpot Brong, 52 Unit Sepeda Motor dan 10 Unit Mobil Diamankan Polsek Bumi Raya

Tribratanews, Morowali – Kepolisian Resort (Polres) Morowali melalui Polsek Bumi Raya melaksanakan razia knalpot brong atau knalpot bogar di depan Mako Polsek Bumi Raya di Desa Bahonsuai, Kecamatan Bumi Raya, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kegiatan razia yang dipimpin oleh Kapolsek Bumi Raya, Iptu Harno Indrawan A.Md., dan jajarannya itu dilaksanakan pada hari Sabtu 20/01/2024, sore.

Dari razia tersebut Polsek Bumi Raya mengamankan 52 unit sepeda motor yang menggunakan knalpot brong dan 10 unit mobil yang juga menggunakan knalpot brong.

Kapolsek Bumi Raya memberikan arahan dan imbauan kepada pengendara sepeda motor dan mobil diantaranya agar pengendara sepeda motor dan mobil taat dan patuh dalam berlalu lintas serta melengkapi administrasi perorangan berupa SIM dan STNK.

“Menegaskan bahwa penggunaan knalpot brong melanggar Pasal 285 Ayat (1) UU RI No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang dapat menimbulkan suara bising dan polusi udara, mengganggu masyarakat, dan penggunaan jalan lainnya,” jelas Kapolsek.

Selain itu, lanjut Kapolsek, banyaknya pengaduan dari masyarakat mengenai penggunaan knalpot brong oleh pengendara sepeda motor dan mobil.

Kapolsek menyarankan kepada pemilik kendaraan untuk mengganti knalpot brong dengan knalpot standar, meninggalkan knalpot brong di polsek, dan melanjutkan perjalanan setelah menunjukkan surat-surat kendaraan.

“Yang belum mengganti knalpot standar akan diamankan di Mako Polsek Bungku Barat sampai pengendara mengganti knalpot dengan knalpot standar,” tegas Kapolsek.

Semnetara itu, Kapolres Morowali AKBP Suprianto, SIK, MH mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Morowali agar tidak ada yang menggunakan knalpot brong karena merupakan perbuatan melanggar aturan dan dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Menghadapi Pemilu 2024 mari kita jaga bersama keamanan di Kabupaten Morowali, ciptakan suasana dan kondisi Pemilu aman, damai dan sejuk untuk kemajuan Indonesia pada umunya dan khususnya Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah,” pungkasnya.