BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Curah Hujan Tinggi, Tim SAR Ditsamapta Polda Sulteng Quick Respon di Tengah Bencana Alam

Tribratanews, Palu – Tim Search and Rescue (SAR) dari Direktorat Samapta (Ditsamapta) Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) merespon cepat laporan dari masyarakat terkait bencana alam di Kota Palu.

Diketahui pada hari Selasa 23/01/2024 malam, hingga Rabu 24/01/2024 pagi, Kota Palu diguyur hujan deras yang disertai angin kencang.

Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Djoko Wienartono, menjelaskan bahwa laporan dari masyarakat pertama kali diterima terkait dengan pohon tumbang yang menimpa rumah warga di Jl Yos Sudarso.

“Tim SAR Ditsamapta Polda Sulteng segera merespons laporan tersebut dengan cepat. Mereka bergegas menuju lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi dan pemulihan,” ucapnya.

“Upaya ini dilakukan untuk memastikan keselamatan warga yang terdampak serta mengurangi dampak negatif dari kejadian tersebut,” ujarnya.

Selain pohon tumbang, lanjut Kabid Humas, adanya banjir yang melanda sebagian wilayah Kota Palu, khususnya di Jl Soekarno-Hatta, Kecamatan Mantikulore.

“Banjir ini dipicu oleh curah hujan deras yang terus menerus sejak malam hari, petugas dilapangan dengan cepat menggunakan peralatan dan keterampilan khusus menanggapi keadaan darurat tersebut,” terangnya.

Kabid Humas juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan waspada. Ia juga menekankan pentingnya kerjasama antara pihak berwenang dan warga dalam menghadapi situasi darurat seperti ini.(fn)