POLRESPOLRES BANGGAI

Kabag Ops Pastikan Polres Banggai Kawal Logistik Pemilu Hingga ke TPS

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kabag Ops Polres Banggai Kompol Esti Prasetyo Hadi, SIK, SH, mengungkapkan, bahwa Polres Banggai siap mengamankan dan mengawal pergeseran logistik pemilu dari Kantor KPU ke PPK hingga ke TPS nanti.

Hal itu diungkapkan Kompol Esti saat memberikan sambutan dalam apel kesiapan Pemilu tahun 2024 bersama badan Adhoc Kabupaten Banggai di Kantor KPU, Sabtu (3/2/2024).

“Kami dari Kepolisian jauh hari sudah siap dan sebelumnya kami sudah menggelar apel kesiapan,” ungkapnya dihadapan seluruh peserta apel.

“Polri akan melaksanakan pengawalan dan penjagaan. Kami akan berada di ring dua dan rekan-rekan berada di ring 1 bersama Linmas dan keamanan lainnya,” ungkapnya lagi.

Kompol Esti menyatakan, bahwa Polri dan TNI akan memastikan kotak suara tiba di TPS dengan keadaan baik.

“Dan 1 lagi, bahwa Polri akan tetap netral karena ada undang-undang yang mengatur bahwa kami hanya mengamankan jalannya pesta demokrasi,” terang perwira pangkat satu melati ini.

Sementara itu, Ketua KPU Banggai Santo Gotia selaku pembina apel mengatakan, bahwa pihaknya memastikan semua jajaran siap untuk melaksanakan dan menuntaskan semua tahapan Pemilu dengan baik.

“Bapak dan Ibu sekalian hari ini 3 Februari 2024 persis 11 hari menuju hari H,” kata Ketua KPU.

Oleh karena itu, lanjut Ketua KPU, dirinya menitipkan agar menjaga integritas serta solidaritas di tiap-tiap level antar sesama anggota PPK maupun PPS.

“Dan pastikan semua jajaran di KPPS solid dan terpimpin,” imbuhnya.

Dia menambahkan, bahwa proses pengesetan dan pengepakan logistik Pemilu tahun 2004 sedang dilakukan.

“Nanti tanggal 5 Pebruari dipastikan kita akan distribusi ke setiap kecamatan, ke setiap dapil dan itu sudah kami jadwalkan. Kami pastikan H-1 semua logistik dan kelengkapan TPS tiba di TPS,” pungkasnya.*Humas Polres Banggai