POLRESPOLRES BANGGAI

Polres Banggai Siapkan 421 Personil Amankan 1.211 TPS

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kepolisian Resor Banggai, menyiapkan 421 personel termasuk 60 anggota BKO Polda Sulteng guna mengamankan jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang dilaksanakan pada 14 Februari di daerah itu.

“Personel tersebut ditempatkan di 1.211 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di wilayah hukum Polres Banggai,” kata Kasi Humas Polres Banggai IPTU Al Amin S. Muda, Sabtu (10/2/24).

Ia mengatakan untuk dua TPS yang kategori sangat rawan berada di Kecamatan Pagimana yakni TPS Desa Baloa Doda dan TPS Desa Dolom serta satu TPS Lapas kelas II B Luwuk kategori khusus.

“TPS Desa Baloa Doda ditempatkan 4 personil dan TPS Desa Dolom sebanyak 2 personil. Untuk TPS Khusus, di Lapas, 1 personil,” katanya.

“TPS kategori sangat rawan ini dinilai karena jarak tempuh yang sangat jauh, bisa berhari-hari serta gangguan bencana alam yang harus melewati beberapa sungai,” sambungnya.

Ia juga menyampaikan bahwa selain TPS sangat rawan, wilayah hukum Polres Banggai juga mempunyai 32 TPS kategori rawan serta selebihnya TPS kategori kurang rawan.

Lanjut, IPTU Amin untuk mempersiapkan pengamanan Pemilu tersebut pihaknya telah melaksanakan simulasi guna menghadapi gangguan yang mungkin saja terjadi pada Pemilu 2024.

Menurutnya simulasi tersebut perlu dilakukan agar personel kepolisian siap menghadapi kericuhan yang terjadi pada Pemilu 2024 serta menindaknya sesuai peraturan yang berlaku.

Ia berharap dengan persiapan yang dilakukan maka pelaksanaan Pemilu 2024 di daerah itu berjalan aman dan kondisif.

“Kami berharap Pemilu di Banggai aman, dan damai,” tukasnya..*Humas Polres Banggai