BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Kebenaran Palsu Bisa Terjadi Karena Terus Dikabarkan Secara Berulang

Palu, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kamis 1/12/22. Ada pepatah cina yang jarang kita kenal, namun mereka terus gaungkan “ satu kebohongan jika di kabarkan seribu kali, menjadi kebenaran “. Contoh nyata yang kita lihat, betapa fenomenalnya GINSENG, padahal apabila diteliti secara ilmiah jauh lebih berkhasiat dari JAHE. Namun karena digaungkan terus maka Ginseng dianggap suatu tumbuhan yang sangat berkhasiat.

Seperti yang disampaikan Kabid Humas Polda Sulteng saat memberikan pengarahan di depan personil Polda Sulteng pada Kamis 1/12/22. Kombes Pol Didik Supranoto SIK memberikan gambaran tentang dunia maya saat ini. Banyaknya berita di dunia maya yang disertai dengan gambar dan dari kita tidak pernah ada yang melakukan konfirmasi tentang kebenaran berita tersebut, bisa benar dan bisa salah. Namun karena telah menyebar secara massif, dan secara berantai maka berita tersebut seolah olah benar. Dan disinilah yang dinamakan ilusi kebenaran atau kebenaran palsu.

Untuk itu kabid Humas mengingatkan kepada seluruh anggota untuk bijak bermedsos, tujuanya agar mereduksi berita berita yang menyesatkan, yang akan menjadikan masyarakat resah, bahkan bisa terjadinya konflik social. Peran personil Polri sangat krusial saat ini, karena semua personil memiliki smartphone. Dari alat kecil inilah dunia di genggaman kita. Apabila kita salah menggunakan maka orang lain baik pribadi maupun kolektif dapat menjadi korban.(KR)