BID HUMASGIAT OPSLatestNewsOPINIPOLRESPOLRESTA PALU

Wakapolresta Palu Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Mako Polresta Palu.

Polresta Palu, 1 Oktober 2024 — Bertempat di Halaman Markas Komando Polresta Palu, Wakapolresta Palu AKBP Andi Batara Purwacaraka, S.I.K., S.H., memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober. Upacara ini berlangsung khidmat, dihadiri oleh Seluruh jajaran personel Polresta Palu.

Hari Kesaktian Pancasila menjadi salah satu peringatan yang penting bagi bangsa Indonesia, karena hari ini mengenang peristiwa bersejarah Gerakan 30 September (G30S/PKI) yang terjadi pada tahun 1965. Tragedi tersebut meninggalkan luka dalam bagi perjalanan bangsa, namun sekaligus menjadi momentum untuk memperkokoh Pancasila sebagai dasar negara yang kuat dan tak tergantikan.

Upacara yang berlangsung pada Selasa pagi tersebut merujuk pada Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 23224/MPK.F/TU.02.03/2024 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024. Tema yang diusung dalam peringatan tahun ini adalah “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas“, sebuah tema yang mencerminkan harapan dan cita-cita besar untuk membawa Indonesia menuju kemajuan yang berkelanjutan.

Dalam amanatnya, AKBP Andi Batara menyampaikan pentingnya peran Pancasila sebagai dasar pemersatu bangsa. “Pancasila bukan hanya ideologi, tetapi juga fondasi bagi kita semua dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Pada peringatan ini, mari kita jadikan momen untuk mengingat kembali perjuangan pahlawan bangsa dalam menjaga kesatuan negara, serta untuk memperkuat komitmen kita dalam mewujudkan Indonesia yang lebih maju,” ujar Wakapolresta.

Upacara yang diikuti oleh seluruh personel Polresta Palu berjalan dengan tertib. Dalam pelaksanaannya, seluruh peserta terlihat antusias dan penuh rasa hormat terhadap nilai-nilai luhur Pancasila. Wakapolresta juga mengingatkan bahwa Hari Kesaktian Pancasila harus menjadi refleksi untuk meningkatkan rasa nasionalisme, menjaga keamanan, serta meningkatkan kerja sama dalam mewujudkan Indonesia Emas, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan global.

Selain itu, upacara ini juga diwarnai dengan momen mengheningkan cipta sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur demi mempertahankan ideologi Pancasila. Wakapolresta mengajak seluruh peserta upacara untuk terus meneladani semangat perjuangan dan pengorbanan para pahlawan.

Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, diharapkan seluruh anggota Polresta Palu, semakin solid dalam menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Wakapolresta Palu juga berharap agar peringatan ini menjadi pengingat bagi seluruh lapisan masyarakat bahwa Pancasila adalah pondasi utama bagi tercapainya kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia.

Peringatan ini menjadi wujud nyata bagaimana Pancasila terus dijaga dan dipertahankan, terutama di tengah situasi dan kondisi bangsa yang dinamis. Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, Indonesia siap menuju masa depan yang lebih cerah, sebagaimana yang diusung dalam tema besar tahun ini, “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas.”