BID HUMASGeneralGIAT OPSLatestNewsSATKER

Operasi Zebra Tinombala 2024, Pengaturan Arus Lalu Lintas Ciptakan Kamseltibcarlantas di Jam Sibuk

Tribratanews, Palu – Dalam rangka pelaksanaan Operasi Zebra Tinombala 2024, jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Satuan Tugas (Satgas) Preventif melaksanakan kegiatan pengaturan arus lalu lintas (Gatur) di sejumlah titik keramaian di Kota Palu, Kamis 17/10/2024 pagi.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas), serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

Kepala Operasi (Kaops) Zebra Tinombala 2024 Kombes Pol Atot Irawan, S.I.K., M.M., yang juga menjabat sebagai Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sulteng, melalui Kasatgas Preventif AKP Dwi Hardianto, S.H., menyampaikan bahwa pengaturan arus lalu lintas ini difokuskan pada titik-titik strategis yang sering mengalami kepadatan pada jam-jam sibuk, seperti simpang empat Jalan Soekarno-Hatta, simpang tiga Jalan Hang Tuah dan beberapa area lainnya yang menjadi pusat aktivitas masyarakat.

“Operasi ini bertujuan untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas sekaligus mengedukasi pengendara agar lebih disiplin dalam berlalu lintas. Kami berharap, melalui operasi ini, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya keselamatan di jalan serta tertib berlalu lintas untuk mengurangi risiko kecelakaan,” ujar AKP Dwi Hardianto.

Selama kegiatan pengaturan lalu lintas, lanjut AKP Dwi, petugas juga melakukan imbauan kepada pengendara, terutama untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas, menggunakan helm bagi pengendara roda dua, serta tidak menggunakan telepon genggam saat berkendara.

Ia juga menegaskan Satgas Preventif dalam Operasi Zebra Tinombala 2024 tidak hanya berfokus pada penindakan pelanggaran, tetapi juga mengedepankan upaya preemtif dan preventif melalui kegiatan sosialisasi.

“Dengan adanya pengaturan lalu lintas secara intensif di titik-titik rawan kemacetan, diharapkan aktivitas masyarakat dapat berlangsung dengan tertib, aman, dan lancar, terutama di jam-jam sibuk pada pagi hari,” pungkasnya.(fn)