BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Evaluasi kondisi fisik personil Polda Sulteng gelar Samjas berkala

Tribratanews, Palu – Rabu 22/02/23. Untuk mengetahui kondisi fisik setiap personil perlu dilakukan uji kemampuan secara berkala. Hal tersebut juga sebagai evaluasi bagi SDM dalam mengorganisirsatu organisasi atau Instansi. Namun tidak semua instansi melakukan evaluasi fisik personilnya, dan yang masih konsisten dengan evaluasi fisik adalah TNI dan Polri. Memang penugasan di dua instansi tersebut memerlukan fisik yang prima karena tugas tugas lapangan yang tidak dapat dihindarkan.

Polda Sulteng secara peroidik melalui Biro SDM terus melakukan evaluasi baik Fisik dengan kesamaptaan Jasmani berkala, kesehatan dengan pemeriksaan kesehatan berkala, demikian pula dengan mental dan rohani. Semuanya dilakukan setiap semester, sehingga dalam satu tahun dilaksanakan dua kali.
Saat ini sudah masuk semester 1 Tahun 2023, sehingga Biro SDM telah menjadwalkan pemeriksaan fisik dengan kesamaptaan Jasmani. Kesamaptaan jasmani kali ini dilaksanakan di Mako Dit Samapta Poboya kota Palu. Untuk mengawali ada beberapa satuan kerja yang mengikuti.

Untuk menjaga jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka sebelum melakukan kesamaptaan jasmani dilakukan pemeriksaan kesehatan jantung.

Bagi yang ada gangguan jantung maka personil tersebut ditunda kesamaptaanya dan direkomendasikan untuk segera berobat. Samjas akan dilakukan beberapa hari kedepan untuk personil Polda Sulteng. Sedangkan di jajaran atau Polres polres juga dilakukan samjas sama seperti di Mapolda.

“Samjas ini dilakukan secara periodik, gunanya adalah untuk mengevaluasi sejauh mana kondisi fisik personil Polda Sulteng, selain itu Samjas juga merupakan pembinaan personil selain pembinaan rohani dan pembinaan mental. Samjas juga tidak dilakukan secara merata atau sama porsinya, mereka dibagi menjadi beberapa golongan sesuai usia personil yang mengikuti. “ Terang Kompol Dade Abdulah SH yang memimpin pelaksanaan Samjas di Mako Dit Samapta.(DA)