BID HUMASSATKER

Polres Buol Laksanakan Upacara Pemakaman Secara Dinas Kepolisian Almarhum Sertu (Purn) Mahmud Saleho

Biau, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Jajaran Polres Buol beri penghormatan terakhir terhadap jenazah Almarhum Sertu (Purn) Mahmud Saleho dengan upacara Pemakaman secara dinas Kepolisian, Sabtu (17/09/22) bertempat di Kelurahan Leok I, Kecamatan Biau

Diawali dengan upacara persemayaman pada pukul 13.30 WITA bertempat di rumah duka Almarhum pihak keluarga menyerahkan jenasah Almarhum untuk dilakukan pemakaman secara dinas Kepolisian, Pihak Polres Buol yang menerima jenasah ini selanjutnya melaksanakan prosesi pelepasan dengan beberapa rangkaian diantaranya membacakan riwayat hidup Almarhum mulai dari keluarga, pendidikan, kepangkatan hingga jabatan dari mulai berdinas sampai dengan Almarhum meninggal dunia.

Almarhum memulai dinas sejak tahun 1963 setelah dilantik menjadi anggota Polri dengan pangkat Agen Polisi, pada tahun 1966 dinaikkan pangkat setingkat lebih tinggi menjadi Agen Polisi tingkat I, pada tahun 1969 dinaikkan menjadi Kopral Dua, Tahun 1972 dinaikkan menjadi Kopral Satu, dan pada tahun 1985 dinaikkan pangkat menjadi Serda hingga pada tahun 1989 dinaikkan menjadi Sertu, Almarhum selama dinas dikepolisian semenjak Almarhum dilantik menjadi Anggota Polri Almarhum bertugas diwilayah hukum Polres Buol Toli-Toli dan menjabat terakhir sebagai Bintara KP3 Pelabuhan Dede Toli-Toli hingga purna pada tahun 1991.

Almarhum meninggal dunia pada hari Jum’at tanggal 16 September 2022 sekitar pukul 20.00 WITA dikediaman almarhum karena sakit meninggalkan 1 (Satu) orang Istri, 7 (Tujuh) orang anak serta 21 (Dua puluh satu) cucu.

Setelah upacara persemayaman selanjutnya Jenasah dibawah menuju tempat pemakaman, tepat pukul 14.30 WITA bertempat di pemakaman umum Kelurahan Leok I dilaksanakan upacara pemakaman dipimpin Kasubbag Watpers Bag SDM AKP Ayub Lasinong selaku Inspektur Upacara, Kasubbag Binkar Bag SDM Iptu Trijadi selaku Perwira Upacara, Kasihumas Ipda Ridwan, S. IP selaku Komandan upacara serta peserta upacara terdiri dari Personel Polres Buol dan Polsek Biau.

Turut dihadiri Tokoh Masyarakat yang juga Mantan Bupati Buol H. Amran Batalipu, pihak keluarga serta warga yang melayat menghadiri prosesi pemakaman almarhum.

“Keluarga besar Polri khususnya Polres Buol menyatakan turut berduka cita atas meninggalnya almarhum yang telah pergi untuk selama-lamanya menghadap sang Pencipta, semoga keluarga yang ditinggalkan tabah dalam mengahadapi musibah dan cobaan ini” ucap Irup membacakan amanat Kapolres Buol AKBP Handri Wira Suriyana, S.I.K.

“Atas nama pimpinan Polri menyampaikan terimakasih dan penghargaan atas pengabdian dan dedikasi Almarhum semasa hidupnya menjalankan tugas sebagai Anggota Polri, semoga amal ibadah almarhum mendapat balasan dari Allah SWT” tambah Irup mengakhiri sambutannya. (KR)