POLRES SIGI

Kapolres Sigi ajak seluruh balon kades secara bersama menjaga stabilitas kamtipmas dengan menjunjung Bineka Tinggal Ika dalam kegiatan sosialisasi dipalolo

Dalam upaya menjaga stabilisasi ketertiban dan keamanan jelang pelaksanaan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada 17 November 2022, Pemerintah Kabupaten Sigi melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kembali mengadakan kegiatan sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, dirangkaikan dengan Silaturahmi dan Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan dalam Masyarakat (Pakem), serta Deklarasi Damai Pilkades Serentak di Kabupaten Sigi Tahun 2022 di Kecamatan Palolo Kab. Sigi. Kegiatan ini dilaksanakan, Kamis (03/11/2022),bertempat di Aula Kantor Camat Palolo, Sigi.

Hadir, Bupati Sigi diwakili Kepala Bandan Kesbangpol Drs. Udin Jamadin, Kapolres Sigi diwakili Kasat Intelkam Polres Sigi AKP Musa, S.Sos., M.M, Kajari Donggala diwakili Kasi Intelijen Hasyim, S.H, Camat Palolo Herman S.Sos, Kapolsek Palolo Iptu Hengki Prasetyo, S.Trk, Ketua FKUB Kab. Sigi Drs. Ridwan M. H. Salidu, Anggota MUI Kab. Sigi Erwin Sujadmiko, S.S., M.AP dan para calon Kepala Desa se-Kec. Palolo.

Pada kesempatan itu, Camat Palolo Herman, S.Sos. mengharapkan untuk para calon kades se-kec Palolo yang mengikuti kegiatan ini agar bisa menyimak dengan baik semua arahan yang disampaikan sebagai pembekalan bagi para calon kades yang nantinya akan bertarung pada kancah pemilihan kepala desa serentak pada pertengahan Nobember ini. Adapun nanti hasilnya, kalah atau menang itu sudah biasa dan saya berharap kita semua senantiasa dapat menjaga stabilitas ketertiban dan keamanan di masyarakat serta menjaga harmonisasi antar umat beragama,” kata Camat Palolo, Herman, S.Sos.

Penegasan yang sama juga disampaikan Kepala Kesbangpol Kab. Sigi Drs. Udin Jamadin.” Saya menitip.pesan kepada 3 pilar utama di desa yaitu Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa agar dapat berkolaborasi menjaga kamtibmas.
Apalagi waktu pelaksanaan pilkades serentak se Kabupaten Sigi tidak lama lagi, jadi kondisi Kamtibmas harus betul-betul dijaga.

Masih pada kesempatan yang sama, Kapolres Sigi yang diwakili Kasat Intelkam Polres Sigi AKP Musa, S.Sos., M.M menyampaikan Sesuai UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia tugas pokok Polri yaitu, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat sangat jelas tugas kita adalah harkamtibmas

Pada kesempatan ini, saya mengajak kita semua untuk tetap menjaga keamanan dalam Pemilihan Kades sehingga nantinya bisa berjalan dengan aman. Persoalan kalah menang, itu hal biasa dalam berdemokrasi,” tandas AKP Musa.

Diapun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut berperan dalam menjaga dan merawat kebhinekaan serta intens mensosialisasikannya serta mengedukasi kemasyarakat dengan menanamkan bahwa perbedaan bukanlah sesuatu yang harus dipertentangkan, namun harus menjadi kekuatan yang saling melengkapi. Karena itu merupakan sebuah bentuk keberagaman dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika yang wajib dirawat dan dijaga selamanya, sebagai warisan leluhur kita yang terbukti ampuh menjaga jiwa nasionalisme bangsa ini tanpa adanya perpecahan.

” Karena itu, mari kita sambut pesta rakyat ini melalui Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dengan penuh suka cita agar pelaksanaanya bisa berjalan lancar aman dan terkendali,” himbaunya sembari mengajak semua calon kades untuk senantiasa bisa bersama Polri dalam menjaga stabilitas Ketertiban dan Keamanan di masyarakat.

Sebab Polri tidak bisa melakukan. Sendiri tanpa dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat. Mari kita hindari politik identitas dan perpecahan antara kelompok masyarakat. Sebab kita semua adalah saudara yang tinggal disatu desa. Hanya karena ada kompetisi Pilkades ini sehingga semua harus bertarung secara sehat untuk menjadi pemenang dan dipilih jadi kades,” tutur AKP Musa.

Demikian halnya, kata AKP Musa, setelah Pilkades ini, kita semua akan menghadapi Pemilu Legislatif dan Pilkada maupun Presiden / Wakil Presiden apabila terdapat permasalahan dan perbuatan pidana Pemilu agar di selesaikan melalui saluran hukum dan aturan yang telah disiapkan oleh pemerintah

Dan bijak bermedia sosial dengan tidak menyebarkan berita hoax, provokasi dan isu sara dengan tujuan politik tertentu yang dapat menimbulkan konflik dengan gangguan keamanan di masyarakat
Dan kepada semua elemen masyarakat agar turut berkontribusi dalam mensukseskanya.

(Humas polres Sigi)