BID HUMASSATKER

Latpraops Pekat II Tinombala-2022, Irwasda Polda Sulteng : Dalam Operasi ini tingkatkan kerjasama dan hindari tindakan sifat arogan serta over acting dan junjung tinggi HAM

Palu, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) yang diwakili oleh Irwasda, Kombes Pol Asep Ahdiatna, S.I.K, M.H di dampingi Kepala Biro Operasi (Karoops), Kombes Pol Norman Widjajadi, S.I.K beserta Para Pejabat Utama Polda Sulawesi Tengah, Menghadiri Latihan Pra Operasi Pekat II Tinombala-2022 Dalam Rangka Memelihara Sitkamtibmas Yang Aman Dan Kondusif Menjelang Perayaan Natal Tahun 2022 Dan Tahun Baru 2023 Yang Di Ikuti Oleh Personil Polda Sulawesi Tengah Tergabung Dalam Satgas Operasi Secara Tatap Muka Dan Di Ikuti Satgas Polres Jajaran Melalui Sarana Video Conference. Ruang Rupatama Polda Sulawesi Tengah Jl. Soekarno Hatta . Selasa (08/11/2022), 09.00 Pagi.

Latihan Pra Operasi Pekat Tinombala 2022 ini dilaksanakan untuk meningkatkan mutu dan kualitas personil di saat operasi di gelar di lapangan nanti. adapun sasaran operasi ini yakni, Perjudian, Minuman keras, Senjata Tajam, Senjata Api / Bahan Peledak Ilegal, Premanisme, Prostitusi, Narkotika/Psikotropika dan bahan berbahaya lainnya.

Pelaksanaan Operasi Pekat II Tinombala – 2022 yang setiap tahun kita laksanakan menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Akan Berlangsung Selama 14 Hari Terhitung Mulai Tanggal 9 Sampai Dengan 22 November 2022 dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban agar tetap kondusif di wilayah hukum Polda Sulawesi Tengah.

Perlu untuk kita ketahui Bersama bahwa, Hasil Presentase dari Pelaksanaan Operasi Pekat I Tinombala – 2022 Terjadi Penurunan yaitu hasil pengungkapan TO Orang sebesar 84,67% dan TO Tempat sebesar 78,10% sedangkan hasil presentase pelaksanaan Operasi Pekat II 2021 Pengungkapan TO orang sebesar 86,27% dan Pengungkapan TO tempat sebesar 81,94% dengan adanya penurunan tersebut, saya mengucapkan terima kasih dan berharap pelaksaan Operasi Pekat II Tinombala – 2022 ini, dapat lebih baik dan berhasil. Ungkap Irwasda, Kombes Pol Asep Ahdiatna, S.I.K, M.H

Dalam Hal Ini Ada Beberapa Yang Perlu Saya Tekankan Terkait Lat Pra Ops Pekat II Tinombala – 2022, Yaitu :

  1. Fungsi Intelijen, Agar Lakukan Deteksi Dini Terhadap Orang Yang Membuat Miras, Kurir/Pengedar Narkoba, Perjudian, Prostitusi dan Premanisme di tempat-tempat Umum.
  2. Fungsi Binmas, Lakukan Himbauan dan Penyuluhan kepada masyarakat, Mahasiswa/ Pelajar, Tentang Bahaya dan dampak dari miras, narkoba, Perjudian, Prostitusi, Premanisme, Mercon/ Kembang Api.
  3. Fungsi Reskrim Dan Narkoba, Lakukan Penegakan Hukum/ Proses sidik terhadap para pelaku kejahatan hasil Operasi Pekat Berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  4. Fungsi Sabhara, Lakukan Patroli Dengan Sasaran tempat umum untuk mengantisipasi Penjambretan, Perampokan, Dan Pencurian Barang – Barang Dalam Mobil.
  5. Fungsi Propam, Lakukan Pengawasan Melekat Kepada Personel Yang Melaksanakan Operasi, Guna Mencegah Terjadinya Penyimpangan yang mengakibatkan turunnya Citra Polri. Ucap Irwasda, Kombes Pol Asep Ahdiatna, S.I.K, M.H

“Saya Berharap Anggota Yang Terlibat Operasi ini agar selalu bekerjasama dan hindari tindakan bersifat arogan serta over acting dan menjunjung tinggi HAM. Jika Melaksanakan Operasi Malam hari agar menggunakan Gampol (Mengenakan Rompi yang bisa dilihat oleh orang lain), sehingga kesalahan prosedur sekecil apapun dapat dihindari.” Tutup Irwasda Polda Sulawesi Tengah, Kombes Pol Asep Ahdiatna, S.I.K, M.H (DA)