BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Wakapolda Sulteng Hadiri Pembukaan Open Water Sport Festival Gubernur Cup 2022

Palu, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Drs Rudy Sufahriadi yang diwakili oleh Wakapolda, Brigjen Pol Hery Santoso, S.I.K, M.H menghadiri acara pembukaan Open Water Sport Festival Gubernur Cup 2022, Sabtu (03/12/2022) pagi, di kawasan wisata pantai Tanjung Karang, Kabupaten Donggala.

Hadir pula dalam acara tersebut diantaranya Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura, Kadis Pariwisata, Bupati Donggala, Direktur Utama PT. Bank Sulteng, Komisaris Independen PT. Bank Sulteng, Ketua KONI Provinsi Sulawesi Tengah serta para undangan lainnya.

Ketua panitia pelaksana Open Water Sport Festival, Kombes Pol Indra Rathana, S.I.K selaku Direktur Polairud Polda Sulteng menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan atas inisiasi dan dorongan Kapolda Sulteng, Gubernur, dan Ketua Koni Provinsi Sulteng.

“Kegiatan Open Water Sport Festival mempertandingkan underwater, dimana pemenang lomba underwater akan mengikuti lomba underwater internasional yang akan dilaksanakan di Berlin, Jerman,” ucapnya.

Lanjut Direktur Polairud, kegiatan itu akan mempertandingkan open swiming dengan panjang 200-300M sampai dengan 2.000 M, adapun hadiah yang diperebutkan sebesar Rp. 270 Juta.

Kombes Pol Indra Rathana, S.I.K juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Sulteng yang telah memberikan dukungan penuh.

Kemudian lanjut Ketua KONI Provinsi Sulteng, Nizar Rahmatu, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Sulteng, bapak olah raga Sulteng atas dukungan dan motivasinya untuk terus meningkatkan prestasi olah raga Sulawesi Tengah.

Dirinya juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sesuasi dengan amanat Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional.

“Bahwa sport tourism harus dikembangkan melalui sinergitas dengan seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama mengembangkan sport tourism,” ucapnya.

Ketua KONI Sulteng juga menuturkan bahwa dalam Perpres tersebut juga mengamanatkan kepada seluruh stakeholder, kepala daerah, Polri dan TNI, dan para pengusaha untuk dapat bersinergi dalam mengembangkan olahraga wisata.

Ketua Koni juga menyampaikan bahwa dengan adanya penyelenggaraan Open Water Sport Festival kali ini akan memperoleh data pengembangan wisata bawah laut di Provinsi Sulteng.

Kemudian, Wakapolda Sulteng menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan dari bapak Gubernur Sulteng, Ketua KONI dan Kadis Parawisata kepada Polri untuk penyelenggaraan Open Water Sport Festival.

“Semoga pelaksanaan iven ini tidak mengecewakan Bapak Gubernur, Ketua Umum KONI dan Kadis Parawisata, dan tadi dalam amanat Gubernur meminta supaya tahun depan dilaksanakan kegiatan Water Sport ini berskala Internasional, kami sangat senang dan siap untuk melaksanakan kegiatan Water Sport yang bertaraf internasional,” ujar Wakapolda Sulteng.

Pihaknya juga berterimakasih kepada Gubernur Sulteng yang telah memperikan perhatian yang sangat besar terhadap pelaksanaan kegiatan peningkatan olahraga dan kegiatan apapun di Sulteng, dan siap mendukung dari segi anggaran, sehingga saat ini Sulteng sangat dikenal di kencah nasional dan internasional.

“Hal ini atas dukungan yang tinggi dari Gubernur bukan hanya dari segi moral tetapi dari sisi anggaran juga didukung penuh oleh Gubernur,” tuturnya.

Wakapolda juga menyampaikan kiranya kegiatan tersebut dapat memberikan informasi terhadap pengembangan wisata di Sulteng.

Selanjutnya Wakapolda menyampaikan potensi Sulteng dibidang parawisata yang sangat besar, oleh karena itu terus di kembangkan sehinga kunjungan wisata di Sulteng dapat meningkat dengan signifikan.

Gubernur Sulteng, sebelum membuka acara tersebut secara resmi, menyampaikan apresiasi kepada Kapolda Sulteng dan panitia yang telah menginisasi kegiatan Open Water Sport.

Dalam kata sambutannya, Gubernur Sulteng menyampaikan bahwa iven Open Water Sport Festival dapat melahirkan bibit unggul agar dapat berprestasi di ajang skala nasional dan internasional.

Pada kesempatan itu Gubernur juga menyampaikan bahwa Water Sport Festival merupakan olah raga wisata, sehingga Gubernur meminta agar kegiatan Open Water Sport Festival dapat dilaksanakan dengan skala internasional pada tahun 2023 mendatang.

Pada kesempatan itu Gubernur juga meminta kepada Bupati Donggala agar terus meningkatkan fasilitas pendukung pariwisata di Kabupaten Donggala.

“Berikan anggaran yang besar dalam peningkatan potensi pariwisata Kabupaten Donggala, nanti kami support dari Provinsi,” kata Gubernur Sulteng.

Gubernur juga meminta kepada Dinas Pariwisata Provinsi Sulteng, Ibu Diah Agustiningsih, agar membuat desain pengembangan pariwisata Sulteng, sewa konsultan untuk membuat desain terhadap potensi dan pengembangan pariwisata Sulteng.

Selanjutnya pengembangan pariwisata juga harus memiliki semangat pemberdayaan, olehnya Kepala Dinas Pariwisata dapat membuat program pengembangan rumah masyarakat pada lokasi wisata menjadi homestay.

“Dengan cara membiayai renovasi rumah warga, buat beberapa rumah seperti di tentena, dan bada dilakukan pembinaan dan masyarakat yang menyewakan hasil buatan mereka,” pungkasnya.(fn)