POLRES BANGGAI

TNI-Polri Kawal Upacara Adat Menyalakan Api Obor Porprov ke 9 di Nuhon

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Pengamanan dan pengawalan api obor Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-9 Sulawesi Tengah (Sulteng) tahun 2022 di Kabupaten Banggai, tak hanya dilakukan di wilayah hukum Polsek Toili.

Hal serupa juga dilakukan aparat TNI-Polri di wilayah hukum Polsek Nuhon, Rabu (7/12/2022) sekitar pukul 07.40 Wita.

Hadir dalam kegiatan ini yakni, Camat Nuhon, Danramil 1308-02 Bunta Kapten Herman, aparat TNI-Polri, sejumlah kepala desa Bersama aparat dan masyarakat Desa Obo Balingara.

Kegiatan pengawalan upacara adat menyalakan api obor Porprov yang dilaksanakan di perbatasan pintu masuk wilayah Kabupaten Banggai, Jalan Trans Sulawesi, Desa Obo Balingara, Kecamatan Nuhon ini dilakukan agar berjalan aman dan lancar tanpa hambatan.

“Penyalaan api Obor Porprov dilaksanakan secara adat diwakili oleh suku terpencil yang ada di wilayah Kecamatan Nuhon,” ungkap Kapolsek Nuhon Ipda Budi Susanto Putra Lubis.

Obor Porprov diarak secara bersama-sama dipimpin oleh Camat Nuhon dengan berlari star dari pintu gerbang masuk wilayah Kabupaten Banggai sepanjang sekitar 300 meter.

“Selanjutnya Obor Porprov diarak dan dikawal dengan menggunakan kendaraan roda 4 dan rombongan. Kegiatan ini disambut antusias baik dari masyarakat dan siswa sekolah,” jelasnya.

Sekitar pukul 09.50 Wita rombongan pengawalan Obor Porprov tiba di Desa Saiti tepat mendekati perbatasan antara Kecamatan Nuhon dan Kecamatan Simpang Raya.

“Obor Porprov kembali diarak dengan berlari sepanjang sekitar 200 meter, kemudian Obor Porppov diserahkan oleh Camat Nuhon kepada Camat Simpang Raya,” tutupnya.*Humas Polres Banggai