POLRES TOUNA

Kapolsek Una Una Hadiri Kegiatan Lintas Sektor TW IV Tingkat Puskesmas

Touna, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Touna menggelar kegiatan Lintas Sektor TW IV tingkat Puskesmas Lebiti Kecamatan Togean dan Puskesmas Wakai kecamatan Una Una di gedung BPU Desa Lembanya Kecamatan Una Una Kabupaten Touna, Jum’at (16/12/2022)

Kegiatan dengan mengambil tema “Penurunan Angka Kematian Ibu, Angka Kematian Bayi dan Stunting tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Touna, Dra. Javanet Alfari, MAP M, Kes didampingi Sekrestaris Dinas Kesehatan Touna, Ishak Kanali, SKM, MM, Camat Una Una Sabrin Abd. Karim S. Pd, Camat Togean Nasrudin, S. Pd, Kapolsek Una Una Iptu Maryanto dan Danramil 1307 06 Una Una Kapten Infantri Darta Tasiabe.

Kegiatan Lintas Sektor TW IV tingkat Puskesmas Lebiti Kecamatan Togean dan Puskesmas Wakai kecamatan Una Una ini diikuti oleh Kepala Desa se Kecamatan Togean dan Kepala Desa se Kecamatan Una Una, Bidan Desa, Kader Kesehatan, pengrurus TP PKK Kecamatan Una Una dan TP PKK Kecamatan Togean.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Touna, Dra. Javanet Alfari, MAP M, Kes dalam sambutannya menyampaikan untuk dalam menekan angka kematian ibu, kematian bayi dan stunting di wilayah Kabupaten Touna, diperlukan kerja sama dan koordinasi antar lintas sektoral maupun lintas program.

“Dalam rangka upaya pencegahan stunting pemerintah saat ini terus berupaya untuk mencapai target penurunan prevensi stunting, dengan meningkatkan peran serta petugas kesehatan terutama bidan Desa dan kader kesehatan yang ada,” ujar Javanet.

Sementara itu, Kapolsek Una Una Iptu Maryanto mengatakan, kegiatan Lintas Sektor tingkat Puskesmas dilaksanakan bertujuan untuk upaya meningkatkan peran serta petugas kesehatan bersama sektor terkait untuk mewujudkan mutu pelayanan kesehatan yang maksimal.

“Terkait angka kematian ibu, kematian bayi dan stunting masih sangat tinggi (belum menurun), di wilayah Kecamatan Togean dan Kecamatan Una Una, dikarenakan minimnya tingkat pengetahuan warga masyarakat tentang pentingnya kasehatan terutama di Desa Desa yang terpencil atau sulit dijangkau untuk dilakukan pelayanan kesehatan,” kata Kapolsek.

Lanjut kata Kapolsek, dengan diadakanya kegiatan Lintas Sektor diharapkan dapat memberikan reaksi dan mencari solusi supaya angka kematian ibu, kematian bayi dan stunting sesuai dengan program dari pemerintah.

“Kami juga mengajak kepada masyarakat agar dapat bekerjasama dalam menjaga kamtibmas di hukum Polsek Una Una, sehingga tercapai situasi yang aman dan kondusif,” ujarnya.*Humas*