POLRES TOUNA

Kasat Reskrim Polres Touna Berikan Penyuluhan Anti Korupsi Bagi Pemerintah Desa

Touna, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kasat Reskrim Polres Touna, Iptu Muhammad Kasim, S.H didampingi Kanit Tipidkor Polres Touna, Bripka Edy Sarwan, S.H kembali menjadi narasumber/pamateri pada Penyuluhan Anti Korupsi bagi Pemerintah Desa se-Kabupaten Touna di hotel Ananda Ampana, Kamis (22/12/2022).

Penyuluhan ini diikuti para Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kaur Keuangan dan Kasi Kesra Desa di wilayah Kecamatan Walea Kepulauan, Kecamatan Walea Besar dan Kecamatan Togen Kabupaten Touna.

Dalam materinya, Iptu Muhammad Kasim mengingatkan kepada Kepala Desa dan aparatur Desa yang lain (Bendahara) agar melaksanakan pengelolaan dana desa secara transparan dan akuntabel dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat desa dalam setiap kegiatan penggunaan dana desa.

“Kepala Desa bersama aparatur Desa yang lain (Bendahara) sebagai penanggungjawab dalam pengelolaan dana desa rawan terhadap penyalahgunaan kewenangan pengelolaan dana desa, sehingga perlu dilakukan pencegahan dan penegakan hukum guna terciptanya pemerintahan dan pembangunan desa menuju masyarakat adil, makmur dan sejahtera,” ucap Iptu Muhammad Kasim.

Menurutnya, sebanyak apapun dan sebaik apapun peraturan tentang pengelolaan dana desa, tanpa disertai dengan moral yang baik, maka akan senantiasa ada godaan untuk menyimpang dana desa.

“Untuk itu, dia mengajak kepada seluruh komponen masyarakat, penegak hukum dan pemerintah dalam rangka pencegahan harus bersinergi agar progran kegiatan pembangunan desa yang menggunakan dana desa bisa berhasil,” tukasnya.*Humas*