BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Geliat Poso, Sudah Bersaing dengan Kabupaten Lain

Tribratanews, Poso – Kamis 12/01/23. Cukup sudah, cukup sudah rasa pahit, yang membuat yang membuat rasa sakit, aduh sayange marilah kita merajut kasih bersama kembali kita semua bersaudara bergandeng tangan. Itulah satu bait lagu dari Poso yang mendambakan kembalinya Poso seperti sebelum porak poranda akibat konflik berkepanjangan. Warga Poso sudah jenuh, sudah muak dengan keadaan yang tidak menentu. Mereka ingin merajut kembali persaudaraan yang sudah terjalin sejak berdirinya Poso ratusan tahun lalu.

Kita bersyukur Poso telah kembali normal seperti sedia kala, bahkan geliat ekonomi sudah terasa dimana mana. Para petani sudah memulai kembali aktifitasnya, bahkan sebagian telah menikmati hasil kerja keras mereka.

Seperti kita ketahui wilayah Kabupaten Poso adalah wilayah yang sangat potensial dilihat dari sisi pertanian. Belum lagi sumber daya laut yang menghasilkan ikan berlimpah, sektor wiswata terutama danau Poso yang terletak di kota Tentena dengan berbagai fasilitasnya.

Untuk menjaga ini semua perlu terjadinya sinergitas baik antar aparat maupun seluruh masyarakat. Karena keamanan adalah kebutuhan manusia sebagai mahluk sosial. Tanpa keamanan segala sesuatu akan terhambat, termasuk minat investor.

Pantauan Tribratanews saat ini Poso sudah sangat maju, bahkan sudah tidak lagi kesenjangan dengan kabupaten lain di wilayah Sulteng. Aktifitas masyarakat dalam sektor ekonomi dapat dilihat di pasar sentral, dimana setiap harinya ramai dipadati para pedagang dan pembeli baik lokal maupun dari kabupaten sekitarnya.

Masyarakat tidak lagi terpengaruh oleh upaya provokasi dari orang orang yang tidak bertanggung jawab, yang akan membuat sengsara serta penyesalan pada akhirnya. Tidak ada gunanya kita berselisih, sama sekali tidak ada manfaatnya bahkan akan menjerumuskan kita ke jurang kesengsaraan.(fn)