Uncategorized

Polres Sigi Gelar Nobar Pagelaran Wayang Orang “Pandawa Boyong” 

SIGI,- Polres Sigi menggelar Nonton Bareng (Nobar) Wayang Orang “Pandawa Boyong”, Dalam Rangka Memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2023. Kegiatan Nobar ini digelar di aula simpotove polres sigi, Minggu (15/01/2023) malam

Acara Nobar ini Dipimpin oleh Kabag Ops Polres Sigi, AKP Ahmad Bagus Harun,S.H. bersama dengan para Pejabat Utama Polres Sigi serta Personil Polres Sigi.

Yang menariknya, kegiatan wayang orang tersebut diperankan oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Bima Sena, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit sebagai Prabu Puntadewa sedangkan Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai Batara Guru, dan Kasal Lakssmana TNI Muhammad Ali sebagai Batara Baruna serta Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA sebagai Eyang Abiyasa.

Pandawa Boyong ini sendiri bercerita tentang perjuangan Pandawa yang merupakan lambang kehidupan, mengajak kita sebagai bagian dari masyarakat untuk lebih memahami, menghayati, dan mengamalkan semangat serta nilai-nilai Pancasila yang diwakili oleh masing-masing sosok Pandawa Lima.

Kabag Ops Polres Sigi AKP Ahmad Bagus Harun saat ditemui disela-sela nonton bareng mengatakan melestarikan budaya kesenian yang kita miliki menjadi semakin penting untuk dilaksanakan di tengah serbuan pengaruh budaya asing.

Ia menambahkan, banyak pelajaran yang dapat diambil dari cerita wayang orang tersebut. Salah satunya adalah kekompakan dalam menghadapi permasalahan.

Selain itu AKP Bagus Harun juga menyampaikan ini merupakan bentuk sinergitas TNI-Polri selain menjaga kedaulatan keamanan dan melindungi tumpah darah Indonesia juga sinergitas TNI-Polri untuk melestarikan budaya asli Indonesia.

(Humas Polres Sigi)