BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Komisi III DPR RI Kunjungi Polda Sulteng, Ini Penjelasannya

Tribratanews, Palu – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) menerima kunjungan kerja spesifik Komisi III DPR RI yang dipimpim oleh Ir. Pangeran Khairul Saleh, Kamis 19 Januari 2023.

Kunjungan Komisi III DPR RI itu bertujuan untuk menggelar rapat bersama Kapolda Sulteng, Irjen Pol Drs. Rudy Sufahriadi, Wakapolda Sulteng, Brigjen Pol Hery Santoso, SIK, MH, beberapa pejabat utama, Kapolres Morowali Utara (Morut), Manajemen PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) dan Serikat Pekerja PT GNI.

Berlangsung di aula rupatama Polda Sulteng, rapat digelar secara tertutup dimulai sejak pukul 14.30 Wita dengan mendengarkan paparan Kapolda Sulteng, penyampaian dari Manajemen PT GNI yang diwakili HRD, bapak Mugni Asegaf serta dari Serikat Pekerja PT GNI, Katsaing yang juga Ketua DPC SPN Morowali dan Morowali Utara.

Dalam paparan Kapolda Sulteng pada intinya menyampaikan kronologis kejadian terjadinya kerusuhan yang diawali dengan aksi mogok kerja.

Sehingga terjadi gesekan antar karyawan yang berujung anarkis di lokasi PT GNI yang berakibat 2 korban meninggal dunia dan beberapa peralatan dan fasilitas dibakar massa aksi.

Selain itu, Kapolda Sulteng juga melaporkan langkah dan tindakan taktis untuk menangani peristiwa tersebut serta penegakkan hukum.

Dalam akhir laporannya, Kapolda Sulteng menyampaikan situasi PT GNI saat ini aman dan kondusif, karyawan telah kembali beraktifitas sejak tanggal 17 Januari 2023, dimana baik TKA dan TKI menunjukan kebersamaannya dalam pelaksanaan pekerjaan.

Setelah mendengarkan paparan Kapolda Sulteng dan pihak terkait, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipimpin Ketua Tim Komisi III, Ir. Pangeran Khairul Saleh. Pertanyaan diajukan oleh seluruh anggota Komisi III yang berjumlah 12 (dua belas) orang.

Rapat bersama Komisi III DPR RI, Polda Sulteng, manajemen PT GNI dan Serikat Pekerja PT GNI berakhir Pukul 18.00 Wita, dilanjutkan dengan pelaksanaan Jumpa Pers di Loby Polda Sulteng.(fn)