BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Disiplin berlalu lintas cermin disiplin dari masyarakatnya

Tribratanews, Palu – Selasa 24/01/23. Jangan dipandang remeh, saat ini Dit Lantas Polda Sulteng sudah memberlakukan Tilang secara elektronik. Ada sebagian masyarakat mengambil kesempatan untuk berlalu lintas dengan tidak mematuhi aturan. Jangan salah, sewaktu waktu datang tilang secara tak terduga, karena saat ini proses menggunakan tehnologilah yang diterapkan. Aparat menggunakan tehnologi gambar yang dipasang di berbagai tempat dan ada yang dilakukan dari balik mobil Polantas.

Seperti pada hari ini Selasa 24 Januari 2023 Ditlantas Polda Sulteng menggelar patroli sekaligus penindakan kepada pelanggar dengan menggunakan kamera ETLE Mobile Handheald di beberapa ruas jalan di Kota Palu. Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Ditlantas Polda Sulteng sebagai upaya mencegah kemacetan dan kecelakaan lalu lintas serta menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat untuk selalu taat kepada aturan berlalu-lintas.

Dalam kegiatan tersebut petugas juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu tertib dalam berlalu lintas. himbauan ini disampaikan kepada seluruh pengguna jalan tanpa terkecuali, baik itu pengguna roda 2 maupun roda 4. Ditlantas Polda Sulteng juga melakukan penertiban parkir disekitaran jalan yang cukup ramai kendaraan sehingga potensi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas cukup tinggi.

Untuk mengingatkan pemilik atau yang mengendarai kendaraan petugas melakukan pemasangan stiker larangan parkir di trotoar maupun dibadan jalan pada kendaraan yang memarkirkan kendaraannya di trotoar atau pun bahu jalan.

Upaya tersebut untuk memberikan pembelajaran kepada masyarakat untuk selalu disiplin berlalu lintas. Kita bisa mengambil teladan dari negara maju lainya, dimana ketertiban berlalu lintas mencerminkan ketertiban dari penduduk setempat. Artinya apabila cara berlalu lintas tidak disiplin, bisa dipastikan masyarakat di tempat tersebut juga tidak disiplin di segala hal.(ab)