BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Siskamling mulai digalakan kembali di kota Palu

Tribratanews, Palu – Selasa 24/01/23. Partisipasi masyarakat dalam menjaga dan memelikara keamanan adalah suatu hal yang semestinya dilakukan dimanapun berada.karena apabila kita mengandalkan Polisi untuk memelihara keamanan secara keseluruhan adalah hal yang mustahil. Dilihat dari rasio antara jumlah penduduk, luas wilayah, geografis keberadaan Polri di Indonesia masih jauh dari ideal.

Dengan demikian maka Polda Sulteng terus menggelorakan pemolisian masyarakat, dimana masyarakat bukan lagi sebagai objek namun masyarakat juga berperan sebagai subjek dalam hal pemeliharaan keamanan. Konsep ini sudah diberlakukan di negara negara modern dan maju. Hasilnya, banyak negara maju tingkat kriminalitasnya rendah bahkan hampir mencapai nilai 0. Contohnya di negara Belanda sampai saat ini sudah kurang lebih 90 penjara kosong. Ini menunjukan bahwa kriminalitas hampir tidak ada.

Menurut Global Peace Index, Islandia adalah negara teraman secara global selama 13 tahun berturut-turut. Islandia adalah negara Nordik dengan populasi yang relatif kecil yaitu 340.000. Islandia memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah yang dikaitkan dengan standar hidup yang tinggi, populasi kecil, sikap sosial yang kuat terhadap kejahatan, tingkat kepercayaan yang tinggi pada kepolisian mereka yang terlatih dan berpendidikan tinggi, dan kurangnya ketegangan antara kelas sosial dan ekonomi. Selain itu negara ini tidak memiliki militer, dan polisi tidak membawa senjata api, hanya tongkat yang dapat diperpanjang dan semprotan merica). Islandia juga memiliki undang-undang untuk menjamin kesetaraan, seperti pernikahan sesama jenis yang sah dan adopsi sesama jenis, kebebasan beragama, dan upah yang setara untuk pria dan wanita.

Berbicara partisipasi masyarakat maka di kota palu saat ini sudah digalakan kembali Siskamling. Dimana mana apabila kita berjalan malam hari sudah banyak kita jumpai pos pos Kamling telah terisi masyarakat yang bertugas menjaga lingkunganya. Hal ini tentu sangat positif, apalagi saat ini kita akan menghadapi Pemilu. Tentu keamanan harus di jaga sedemikian rupa agar tidak ada gejolak yang mengganggu keamanan. Seperti tampak di kelurahan Tondo dimana masyarakatnya sudah aktif ronda malam. Harapanya semoga kita semua terus berpartisipasi menjaga keamanan, karena keamanan merupakan kebutuhan hakiki manusia.(ab)