BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Menuju Keselamatan Dunia dan Akherat, Harus Qonaah

Tribratanews, Palu – Senin 06/02/23. Tujuan manusia hidup adalah berbahagia dunia dan akhirat, karena itu untuk menuju hidup bahagia harus menempuh upaya. Upaya tersebut tentu memiliki resiko dan referensi yang jelas. Kejelasan tersebut hanya dimiliki oleh orang yang memiliki Tuhan dalam dirinya. Karena tanpa memiliki Tuhan dalam dirinya mustahil akan memperoleh kebahagiaan.

Banyak manusia yang memiliki harta banyak dan melimpah, namun mereka belum menemukan kebahagiaan. Justru kehampaan yang mereka dapatkan, karena dalam dirinya tidak ada nilai nilai keTuhanan. Disinilah letak dari unsur utama manusia sebagai ciptaan Tuhan.

Ustadz Aminudin menjelaskan hal tersebut di pos Kamling BTN Bumi Roviga sambil melaksanakan tugas Kamling yang sekarang sedang digalakan di Kota Palu. Menurutnya untuk selamat dan bahagia dunia dan akherat modalnya adalah Qonaah. Istilah “Qana’ah” ini dari segi bahasa berarti ‘cukup’ dan ‘merasa puas dengan setiap sesuatu yang telah dikaruniakan oleh Allah SWT dan tunduk serta akur dengan karunia-Nya’. Singkatnya, qanaah ini adalah sikap bersyukur akan apa yang telah diberikan oleh Allah SWT dan merasa cukup akan semua itu.

Dari hal tersebut ternyata syukurlah menjadi kunci untuk selamat dunia dan akherat. Syukur bukan berarti pasrah tanpa upaya, namun gigih berupaya agar memperoleh hasil yang maksimal. Hasil dari jerih payah tersebut kita syukuri, dan harus diingat dalam berupaya keras harus tidak menyimpang dari jalan yang diberikan kepada oleh Allah SWT.(ab)