BID HUMASGeneralLatestNews

Tekan Angka Kecelakaan dan Pelanggaran Lalulintas, Satgas Ops Keselamatan Tinombala Beri Edukasi Pengendara

Tribratanews, Palu – Hari pertama Operasi Keselamatan Tinombala 2023, sejumlah personel yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Preemtif dan Preventif melakukan edukasi pada pengendara maupun pengguna jalan raya.

Edukasi untuk tertib berlalu lintas dan sosialisasi Operasi Keselamatan Tinombala dilakukan dengan membentangkan spanduk, membagikan brosur maupun menempel stiker tentang keselamatan berkendara yang berlangsung dibeberapa jalan protokol di Kota Palu, Selasa 07 Februari 2023.

Kabid Humas Polda Sulteng melalui Kasubbid Penmas, Kompol Sugeng Lestari mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk mendukung pelaksanaan Operasi Keselamatan Tinombala-2023 yang berlangsung mulai dari tanggal 7 hingga 20 Februari 2023 mendatang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, dengan mengedepankan giat preemtif 40 persen dan preventif 40 presen serta di dukung giat gakkum 20 persen (ETLE statis dan mobile serta teguran) guna mewujudkan Kamseltibcarlantas yang aman, nyaman dan selamat,” jelas Kasubbid Penmas, Rabu 08 Februari 2023, di Palu.

Ia juga menjelaskan Operasi Keselamatan Tinombala 2023 adalah upaya Polri mengedukasi masyarakat guna meningkatkan disiplin dalam berlalu lintas, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalu lintas serta tingkat fatalitas korban laka lantas menjelang Bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H Tahun 2023.

“Sehingga nantinya menjelang atau pada saat bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H dapat tercipta Kamseltibcarlantas yang kondusif,” terangnya.

Untuk mewujudkan Kamseltibcarlantas (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas) yang lebih baik, ia mengimbau masyarakat saat berkendara untuk tertib berlalu lintas.

“Kembali kami ingatkan kepada para pengguna jalan untuk patuhi dan tertib berlalu lintas, seperti memakai helm bagi pengendara sepeda motor, gunakan sabuk pengaman bagi pengendara roda empat,” tandasnya.

Disamping itu, ia juga mengingatkan pengendara untuk selalu membawa kelengkapan diri maupun surat-surat kendaraan.

“Jadilah pelopor tertib berlalu lintas, karena keselamatan berlalu lintas yang pertama dan utama,” imbaunya.(fn)