BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Kejutan Perdana, Pertama di Indonesia, Kapolda Sulteng Pimpin Upacara Bendera di Sekolah Dasar, Ini Pesannya

Tribratanews, Palu – Ada yang istimewa dan tidak seperti biasanya di awal minggu ini, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Drs Rudy Sufahriadi mengawali kerja di hari Senin 27 Februari 2023, menghadiri sekaligus menjadi Inspektur Upacara (Irup) bendera, di Sekolah Dasar (SD) Negeri 15 Palu.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sulteng didampingi sejumlah para Pejabat Utama (PJU) diantaranya Komandan Satuan (Dansat) Brimob, Kombes Pol Mokhamad Alfian Hidayat, S.I.K, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas), Kombes Pol Kingkin Winisuda, S.H, S.I.K, Direktur Bimbingan Masyarakat (Dirbinmas), Kombes Pol Denny Jatmiko, S.I.K dan Direktur Samapta (Dirsamapta), Kombes Pol Richard B. Pakpahan S.I.K., M.H.

Upacara bendera di sekolah dasar itu, mungkin ini yang pertama kali di Sulawesi Tengah bahkan di seluruh Indonesia yang dilakukan oleh seorang petinggi Polri setingkat Kapolda.

Seperti biasanya, nampak anak-anak mulai pagi telah berbaris rapi, demikian juga dengan barisan Kepala Sekolah, guru, staf sekolah yang juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu.

Anak-anak SD Negeri 15 Palu, tidak menyadari bahwa upacara bendera tersebut akan dipimpin oleh Kapolda Sulteng.

Mendapatkan kejutan, Kapolda Sulteng didampingi para PJU hadir tepat waktu, dan langsung memposisikan diri ditempat Inspektur Upacara. Dengan penuh khidmat Pati bintang dua itu mengikuti rangkaian upacara bendera di SDN 15 Palu.

Dalam amanatnya Kapolda Sulteng menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada petugas upacara hari ini yang telah maksimal melaksanakan tugasnya.

“Itulah pentingnya sebelum pelaksanaan upacara, petugas harus berlatih, berlatih dan berlatih. Agar pelaksanaan upacara menjadi baik,” pesan orang nomor satu di Polda Sulteng itu.

Kapolda Sulteng juga berpesan, upacara bendera hendaknya jangan hanya sebagai seremonial belaka, tetapi harus dimaknai sebagai momentum untuk malatih tanggung jawab, memupuk jiwa patriotik serta menanamkan nilai-nilai dan semangat nasionalisme.

“Jadikanlah upacara bendera ini sebagai suatu kewajiban yang harus dijalani. Agar nantinya kelak akan melatih kedisiplinan kita, saya juga bangga karena bisa mengikuti sekaligus memimpin langsung kegiatan upacara pengibaran bendera ini,” ungkapnya.

“Berbahagia saat ini kita berada di Sulawesi Tengah dimana Sulawesi Tengah memiliki berbagai kekayaan alam yang luar biasa. Mari kita bersama-sama menjaga kekayaan alam yang ada di Sulawesi Tengah dengan baik,” ucap Kapolda.

“Siapapun yang akan menjadi pemimpin nantinya modal utamanya adalah disiplin, mulai dari bangun pagi hingga rajin berangkat ke Sekolah. Bermain handphone memang penting namun harus di batasi dan utamakan pendidikan,” imbuhnya.

“Siapa yang lebih disiplin dari teman-temanya maka dia akan lebih cepat mencapai tujuan dan cita-citanya,” tuturnya.

“Terimakasih kepada bapak dan ibu guru sekalian yang sudah memberikan nasihat terbaik kepada para siswanya. Raihlah cita-cita setinggi langit semoga adik-adik sekalian bisa membesarkan nama Kota Palu,” pungkasnya.

Usai pelaksanaan upacara bendera, tampak Kapolda Sulteng dengan penuh rasa suka cita bercengkerama dan berkumpul dengan anak-anak yang ingin foto bersama. Tak hanya anak-anak, para guru, kepala sekolah, staf sekolah hingga Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu turut berfoto bersama dengan Kapolda Sulteng.(fn)