BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Hati hati melaut di teluk Palu saat musim penghujan

Tribratanews, Palu – Senin 13/03/23. Diketahui bahwa Sulawesi Tengah merupakan zona NO ZOM, maksudnya musim di wilayah ini tidak dapat ditentukan dengan periode waktu. Saat ini di Sulawesi Tengah sedang berad di fase penghujan yang disertai angina kencang. Ini merupkan efek dari berbagai pergerakan cuaca di wilayah sekitarnya. Seperti di pulau Jawa saat ini sedang musim hujan yang mengakibatkan banjir di berbagai tempat. Termasuk di wilayah Sulawesi Tenggara yang baru baru ini dilanda angina topan yang merusak berbagai fasilitas.

Menyikapi hal tersebut Dit Polairud Polda Sulteng menghimbau kepada seuruh masyarakat, terutama di pesisir pantai untuk selalu waspada dengan cuaca yang ekstrim. Karena saat ini cuaca di perairan selat Makassar atau di pantai barat Sulteng sedang tidak kondusif.

Di ingatkan juga bagi masyarakat yang mata pencaharianya nelayan untuk memperhitungkan cuaca bila akan turun melaut. Apabila diperkirakan cuaca tidak mendukung sebaiknya ditunda untuk mencari ikan. Utamakan keselamatan diri.

AKBP M. Ridwan, SH Kabagbinops Ditpolairud Polda Sulteng melalui Tribratanews Polda Sulteng menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dan hati hati menyikapi cuaca saat ini. Jangan sampai karena kelalaian kita sendiri berakibat fatal terhadap keselamatan.

Para nelayan untuk benar benar berhati hati dan lengkapi peralatan navigasi dan keselamatan jika ingin melaut. Pihak Dit Polarud juga tetap melakukan patrol perairan dengan kontinyu, selain menjaga kenyamanan para pelaut dan nelayan mereka juga mencegah jangan sampai terjadi tindak pidana perairan di wilayah perairan Sulteng. Hal ini dilakukan karena sebagian besar wilayah Sulteng adalah perairan yang apabila ada badai maka sangat membahayakan.(DA)