BID HUMASPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Biro SDM Polda Sulteng Gelar Tes Psikologi Berkala Personel Polres Banggai

Tribratanew.sulteng.polri.go.id – Puluhan personel Polres Banggai mengikuti tes psikologi berkala yang diselenggarakan Biro SDM Polda Sulteng di Aula Maleo Polres Banggai, Rabu (15/3/2023).

Tes yang betujuan untuk mengetahui perilaku dan mental individu tersebut diselenggarakan bagi personil pemegang senpi maupun yang akan mengajukan izin pinjam pakai senjata api dinas Polri di lingkungan Polres Banggai.

Kegiatan yang digelar sejak pukul 09.00 Wita tersebut dibuka oleh Wakapolres Banggai Kompol Margiyanta, SH, MH dan dihadiri Kabag psikologi Biro SDM Polda Sulteng yang dipimpin Kompol Akhmad Kunaefi M, M.Psi.Psikolog serta diikuti personil Polres Banggai dan Polsek Jajaran.

Wakapolres Banggai, mengatakan kegiatan tes psikologi ini diperuntukan bagi seluruh personil Polres Banggai yang memegang senpi dinas atau pun personil yang akan meminjam pakai senpi dinas.

“Tes ini dilakukan untuk mengetahui kondisi mental yang mengikuti tes dan yang akan diberikan ijin pinjam pakai senpi,” ujarnya.

Ia mengatakan, tes ini agar mengetahui tingkat kecerdasan serta emosi personil, dan bagi yang tidak memenuhi syarat maka tidak diperkenankan untuk memegang senjata api dinas.

“Hasil tes psikologi ini nantinya menjadi salah satu syarat bagi anggota yang ingin memegang senpi dinas,” jelasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan secara berkala setiap tahun, tes psikologi menjadi tolak ukur bagi personil yang telah memegang maupun yang hendak mengajukan pinjam pakai senpi organic Polri.

“Harapannya, dengan adanya pemeriksaan dari mulai administrative hingga tes psikologi dapat memberikan pemahaman terkait penggunaan senpi dilingkungan Polres Banggai serta tidak ada penyalahgunaan senpi yang dapat merugikan institusi serta orang lain,” tandasnya.*Humas Polres Banggai