BID HUMASPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Sinergitas TNI-Polri dan Pemerintah Desa Tanam Ratusan Bibit Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Uwedikan

Tribratanew.sulteng.polri.go.id – Sebagai bentuk sinergitas dan kepedulian terhadap lingkungan dan aparat TNI-Polri bersama Pemerintah Desa dan masyarakat melakukan penanaman ratusan bibit pohon mangrove, Selasa (14/3/2023).

Kasubsektor Luwuk Timur Iptu Muryanto mengatakan, penanaman ratusan bibit pohon mangrove di pesisir pantai Desa Uwedikan, Kecamatan Luwuk Timur, Kabupaten Banggai ini sebagai upaya mengurangi potensi abrasi.

“Bibit mangrove yang ditanam ini sebanyak 500 pohon,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, bahwa mangrove sangat penting karena merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombang besar termasuk tsunami.

“Dan manfaat penanaman mangrove ini sangat penting sekali untuk mencegah terjadinya bencana alam,” jelasnnya.

Dirinya pun berharap masyarakat tidak merusak dan dapat bersama-sama melestarikan hutan mangrove.

“Melalui kegiatanini secara tidak langsung akan memberikan kesadaran dan pembelajaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem pantai dengan merawat tanaman mangrove,” harapnya.

Hadir dalam penanaman ini yakni, Kasubsektor Luwuk Timur, Danramil 1308/01 Luwuk Letda Inf. Romel Komea, Babinsa dan Bhabinkamtibmas se-Kecamatan Luwuk Timur, Kasi Pemerintahan Desa Uwedikan, Ketua Kelompok Mansuani Tano dan sejumlah perwakilan masyarakat Desa Uwedikan.*Humas Polres Banggai