BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Jangan jadi martil, pemicu ketidak nyamanan dalam masyarakat

Tribratanews, Palu – Jumat 31/03/23. Operasi pekat sudah selesai digelar di wilayah Sulawesi Tengah dan hasil evaluasi sangat menggembirakan karena situasi selama operasi relatif kondusif. Ini merupakan indikator bahwa Kamtibmas jajatan Sulawesi Tengah dalam keadaan aman dan kondusif. Kondisi ini harus dipertahankan, apalagi pada saat ini sebagian besar masyarakat sedang melaksanakan ibadah puasa.

Pada apel pagi Jumat 31 Maret 2023 di halaman Mapolda Sulteng, Karo Ops Polda Sulteng Kombes Pol Ferdinand Maxi Pasule SIK menyampaikan kepada seluruh personil agar jangan menjadi martil. Maksudnya personil Polda Sulteng jangan jadi pemicu ketidak nyamanan atau justru menjadi sumber konflik.

Sebaliknya aparat Polri harus menjadi pionir terciptanya kamtibmas di tengah tengah masyarakat. Caranya sangat sederhana, bersosialisasilah dengan lingkungan sekitar tempat tinggal dan sampaikan pesan baik secara lisan maupun dalam bentuk kegiatan yang konteksnya mengajak masyarakat untuk menjaga kamtibmas.

Masih dalam arahanya mantan kapolres Buol dan Bangkep tersebut berharap agar situasi yang sangat kondusif ini bisa dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan. Namun untuk mempertahankan kondisi tersebut bukanlah pekerjaan ringan, perlu keseriusan semua personil, ketanggapan personil, kemampuan personil serta kesadaran personil. Tanggung jawab moral sebagai anggota Polri hendaknya tertanam di setiap sanubari aparat Polri, sehingga tugas pokok Polri dapat terlaksana dengan baik, dengasn demikian masyarakat akan menaruh kepercayaan terhadap institusi Polri yang sangat kita cintai ini.(ab)