POLRES BANGGAI

Guru Diduga Lakukan kekerasan ke Siswa, Polisi Pilih Lajur Mediasi

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Bhabinkamtibmas Polsek Luwuk Aipda Rusly Pakaya melakukan mediasi kasus dugaan kekerasan yang dilakukan oleh salah seorang guru di SD GKLB 2 Luwuk terhadap muridnya. Kasus itu sempat dilaporkan orang tua ke aparat kepolisian.

Namun polisi enggan membawa kasus ini ke meja hijau. Polisi lebih memilih Langkah mediasi.

Kapolsek Luwuk AKP Agung Kastria kesuma menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada Senin (17/4/2023) di SD GKLB 2 Luwuk kelurahan Bungin Kecamatan Luwuk, Banggai.

Oknum guru yang melakukan tindakan tersebut berinisial CM, guru SD GKLB 2 Luwuk. Sedangkan korbannya berinisial YP (11) siswa kelas 5 SD.

Menerima laporan tersebut, Kapolsek Luwuk lantas memerintahkan Aipda Rusly Pakaya selaku Bhabinkamtibmas untuk melakukan mediasi bersama para pihak dan Kelurahan Bungin.

“Dalam mediasi terungkap alasan yang dilakukan oleh oknum guru tersebut bertujuan untuk mendisiplinkan YP,” ujarnya, Selasa (18/4/2023).

Menurut AKP Agung, CM melakukan kekerasan dengan cara menjewer telinga dan memukul menggunakan buku pada bagian belakang korban karena saat pelajaran agama / ibadah berlangsung YP hanya bermain dan bercerita tidak sepantasnya.

“Ingin menegur / mendisiplinkan anak didiknya, hanya saja caranya yang salah. Dan kami menyayangkan hal tersebut terjadi,” sebutnya.

Polsek Luwuk menghindari penyelesaian melalui jalur pidana, dan lebih baik memilih mediasi antara kedua belah pihak. Bhabinkamtibmas Kelurahan Bungin ditunjuk sebagai mediator.

“Alhamdulillah, jiwa besar dari pihak keluarga korban untuk memaafkan oknum guru tersebut,” kata AKP Agung.

Ia berharap kedepan tidak ada lagi cara mendidik anak dengan menggunakan kekerasan. Sebab, cara itu tidak akan menyelesaikan masalah.

CM menyadari apa yang dilakukannya salah dan tidak sesuai dengan nilai-nilai seorang pendidik.

Kapolsek mengatakan pihaknya lebih mengedepankan mediasi, tidak ingin terlalu mudah menetapkan orang sebagai tersangka, apalagi kasus ini menyangkut antara guru dan murid.

“Sudah clear. Oknum guru dan Orang Tua korban telah berdamai dan saling memaafkan,” pungkasnya.*Humas Polres Banggai