POLRES BANGGAI

TNI-Polri Amankan Ibadah Sembahyang Mecaru Umat Hindu di Daratan Toili

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Menyambut Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1945, umat hindu di wilayah hukum Polsek Toili mengamankan jalannya sembahyang Mecaru, Selasa (21/3/2023) pagi.

Pengamanan yang dipimpin langsung Kapolsek Toili Iptu Nanang Afrioko ini melibatkan personel gabungan TNI-Polri dan Pecalang (Petugas keamanan adat).

Untuk wilayah Kecamatan Toili kegiatan ibadah Mecaru dilaksanakan oleh Parisada masing-masing desa dan dipimpin oleh Mangku di tiap desa dan dilaksanakan empat titik Perempatan Agung.

“Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Tolbar Ibadah Mecaru dilaksanakan di 14 titik Perempatan Agung di tiap Desa,” ungkap Nanang.

Ia menjelaskan, Sembahyang Mecaru adalah upacara yang dilaksanakan untuk menjaga keharmonisan antara manusia denga alam oleh umat Hindu.

“Dan pengamanan dan pengawalan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman. Ini merupakan salah satu bentuk pelayanan kepolisian,” jelasnya.

Dirinya megatakan, bahwa kegiatan Sembahyang Mecaru dalam rangka Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1945 oleh Umat Hindu di wilayah hukum Polsek Toili selesai sekitar pukul 11.00 Wita.

“Secara umum Sembahyang Mecaru ini berjalan dengan aman dan kondusif,” tutupnya.*Humas Polres Banggai