BID HUMASSATKER

Jumat Curhat, Mendengarkan Keluh Kesah Serikat Pekerja di Kota Luwuk

Luwuk, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kesemrawutan Pelabuhan Rakyat Luwuk Kabupaten Banggai belum juga berkesudahan. Tidak adanya penataan yang dilakukan pemerintah, menganggu kenyamanan pengguna jasa pelabuhan.

Bahkan, para buruh yang beraktivitas di pelabuhan juga ternyata sering mengalami kesulitan dalam bekerja. Utamanya disebabkan tidak tertatanya lokasi atau tempat parkir kendaraan.

Lokasi parkir yang kerap menyulitkan para buruh itu, setidaknya terungkap dalam program Jumat Curhat Polres Banggai. 

Diketahui Jumat Curhat merupakan program rutin Polres Banggai yang menyerap aspirasi dan keluhan masyarakat. 

Polres Banggai Polda Sulteng kembali menggelar Jumat Curhat, Jumat pagi 12 Mei 2023. Agenda kali ini, mendengarkan keluh kesah Serikat Pekerja di Kota Luwuk.

Kegiatan Jumat Curhat digelar di Kantor TKBM Teluk Lalong Kelurahan Bungin, Luwuk, Kabupaten Banggai. Kegiatan ini dihadiri oleh KBO Intelkam Polres Banggai IPDA Bangkit Pramono, didampingi Kanit Ekonomi IPDA Haryadi serta perwakilan Buruh TKBM Teluk Lalong, dan Serikat Buruh Transport Nusantara Luwuk.

Dalam pembahasan kali ini, Kepala Operasi Buruh mengeluhkan masalah sulitnya mendapatkan BBM jenis Bio Solar di SPBU dalam Kota Luwuk. Ini, kata dia, menyulitkan dan menghambat kegiatan bongkar muat.

Dilanjutkan curhatan oleh perwakilan buruh, yang berharap dilakukan penertiban lokasi/tempat parkir di wilayah Pelabuhan Rakyat Luwuk. Sebab sering kali, saat bongkar muat terjadi kepadatan kendaraan.

“Kami pun mengapresiasi Jumat Curhat, ke depannya bisa melibatkan pihak/instansi lainnya, karena permasalahan di Pelabuhan Rakyat Luwuk itu kompleks,” ucapnya sebagaimana dirilis Polres Banggai.

Dalam pelaksanaannya personel sudah disebar di lapangan untuk melaksanakan tugas pengaturan lalu lintas, baik Satlantas maupun Sabhara serta fungsi lainnya.

“Baik pagi bahkan malam pun anggota berpatroli ke sejumlah SPBU Kota Luwuk, dan untuk masalah pengaturan kendaraan parkir akan diatur oleh KPPP bersama Dishub Banggai,” jawab KBO Intelkam IPDA Bangkit.

Kegiatan Jumat Curhat Polres Banggai bersama Buruh TKBM Teluk Lalong dan Serikat Buruh Transport Nusantara Luwuk berjalan lancar.

Harapannya kegiatan ini bisa menjadi maşukan pihak kepolisian dan juga pemerintah daerah. (ab)