GeneralLatestNewsPOLRESPOLRES MOROWALI

Jumat Curhat, Polres Morowali Apresiasi Keluhan dan Masukan dari Komunitas KBM

Tribratanews, Morowali – Kepolisian Resort (Polres) Morowali menggelar kegiatan Jumat Curhat yang merupakan Program Quick Wins Presisi Kapolri yang menanggapi seluruh keluhan warga masyarakat khususnya dari Komunitas KBM (Keluarga Bungku Morowali), Jumat 26 Mei 2023, di salah satu kafe di Desa Bente, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Adapun Komunitas KBM yang dibentuk oleh Sahrin A. Bindiab itu terdiri dari gabungan dealer sepeda motor dan leasing diantaranya Honda BJM, Yamaha Makmur Mandiri Motor, Mandala Finance, Summit Auto Finance, Mandiri Utama Finance, SMS Finance, Toyota Bungku, Bosowa, Anugerah Motor morowali dan Adira Finance.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres Morowali AKBP Suprianto, SIK, MH, yang diwakili Kabag Ops AKP Candra, SH, MH, didampingi Kasi Humas, Ipda Abd Hamid, S.H, memimpin kegiatan Jumat Curhat, yang dihadiri 30 orang dari komunitas KBM.

Beberapa perwakilan menyampaikan pertanyaan dan keluhan salah satunya adalah dari saudara Ali yang merupakan seorang karyawan Adira. Ia menginformasikan tentang adanya dugaan tindak pidana terkait pembiayaan terhadap nasabah yang dikaitkan dengan penggelapan kenderaan dan penipuan.

Menanggapi laporan tersebut, Kabag Ops akan segera melaporkannya kepada pimpinan, namun ia juga mengimbau agar kejadian seperti itu dilaporkan langsung ke SPKT Polres Morowali atau Polsek setempat untuk tindak lanjuti sesuai aturan hukum atau ditempuh jalur Restorative Justice.

Selanjutnya, Ferdy seorang karyawan SMS Finance di Bungku, menyampaikan keluhan terkait dengan nomor telefon Polisi terdekat yang bisa dihubungi dan dipasang di tempat keramaian maupun di kompleks perumahan, mengingat wilayah Kabupaten Morowali banyak dikunjungi oleh para pendatang, yang dimungkinkan meningkatnya angka kriminalitas.

“Dengan adanya nomor telefon Polisi terdekat yang bisa dihubungi, warga masyarakat dengan mudah dan cepat untuk melaporkan kejadian, sehingga dengan adanya kehadiran Polisi aksi kriminalitas bisa dicegah,” terang Ferdy.

Menanggapi hal tersebut, Kabag Ops merespons positif usulan tersebut dan akan berkoordinasi langsung dengan Kasat Binmas untuk menindak lanjuti masukan tersebut.

Terakhir bapak Wayan selaku Kepala Cabang Mandala Multi finance (MMF) Bungku, melaporkan keluhannya terkait dengan penggunaan knalpot bising oleh pengendara sepeda motor.

Ia berharap tindakan dapat diambil untuk mengatasi gangguan kamtibmas yang dapat terjadi kapan saja, terutama menjelang waktu sholat dan ibadah.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih atas informasinya dan akan melaporkan hal ini kepada pimpinan Polres Morowali juga akan meningkatkan patroli dan tindakan hukum guna meminimalisir gangguan kamtibmas yang disebabkan oleh penggunaan knalpot bising,” ujar Kabag Ops. Diakhir acara Kabag Ops Polres Morowali AKP Candra, S.H, M.H menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komunitas KBM (Keluarga Bungku Morowali) atas semua saran, masukan dan keluh kesah, dengan harapan situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Morowali kedepannya akan semakin baik.