POLRESPOLRES DONGGALA

Kapolres Donggala Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Mapolres.

Donggala – Tribratanews.sulteng.polri.go.id

Kapolres Donggala, AKBP Efos Satria Wisnuwardhana,S.I.K.M.I.K memimpin Upacara  yang digelar Kamis, 1 Juni 2023 Kegiatan ini sekaligus untuk memperingati Hari Kelahiran Pancasila.

Apel yang digelar pada pukul 08.00 ini diikuti pejabat utama (PJU) beserta Personil Polres Donggala di Halaman Mapolres.

Dalam kesempatan itu Kapolres AKBP Efos  menyampaikan amanat Bapak Presiden RI  yang mana Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa, dan Sumber Segala Sumber Hukum Negara. Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “bintang penuntun” (leitstar). ” Tutur kapolres

” Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hatibangsa Indonesia.” Sambungnya

Diterangkan Kapolres bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

“Kendati kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, tapi harus diakui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” ujarnya.

Untuk itulah Kapolres menegaskan agar Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.

Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini  dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang.

Semoga Allah Subhanawataala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua, untuk kejayaan bangsa dan negara, Selamat Hari Lahir Pancasila” tutup Kapolres

Polres Donggala (As/Hms)