POLRES TOUNA

Kapolsek Wakep Bersama Anggota Datangi TKP Warga Hilang Saat Menyelam di Laut Desa Kadoda

Touna, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kepolsek Walea Kepulauan Ipda I Gusti Made Ary Candra, SH bersama anggotanya Aipda Rudi Tutiso Briptu Dwi Satria mendatangi TKP warga meninggal saat supervising / Menyelam kedalam laut untuk mencari ikan di Desa Kadoda, Kecamatan Talatako, Kabupaten Touna, Sabtu (03/06/23).

Korban adalah Lk. Agustian warga Desa Banano, Kecamatan Tojo bersama 2 orang temannya yakni Lk. Salim Saputra warga Kelurahan Lawanga, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso dan Lk. Bobi warga Desa Molowagu, Kecamatan Batudaka melakukan supervising / Menyelam kedalam laut untuk mencari ikan dengan menggunakan fins (kaki bebek) dan kacamata serta menggunakan panah ikan.

Hal itu disampaikan oleh Kapolres Touna AKBP S. Sophian, SIK, MH melalui Kepolsek Walea Kepulauan Ipda I Gusti Made Ary Candra, SH, Minggu (04/06/23).

Kapolsek menjelaskan kronologisnya Pada  hari Sabtu tanggal 03 Juni 2023  sekitar wita 07.00 Wita di Dusun 1 Desa Kadoda, Kecamatan Talatako, korban Agustian bersama Salim Saputra  dan Bobi melakukan supervising (menyelam) kedalam laut dengan menggunakan Panah ikan dengan tujuan memanah ikan dan di pantau diatas perahu oleh Irfandi Matorang.

“Sekitar pukul 12.00 Wita, korban melakukan penyelaman kedalam laut sekitar 29 depa atau (46 meter)  dan di pantau dengan tali oleh Irfandi Matorang yang berada diatas perahu, dimana Irfandi Matorang yang sedang memantau penyelaman tiba tiba merasa gelisah terhadap korban, karena sudah sekitar 30 menit tidak naik kepermukaan laut, sehingga menyampaikan kepada ke 2 rekan lainnya Bobi dan Salim Saputra,” jelas Kapolsek.

Kemudian, kata Kapolsek, mereka melakukan penyelaman untuk mencari korban Agustian, namun tidak di temukan, sehingga  pada pukul 14.00 Wita mereka bertiga menyampaikan kepada Warga masyarakat di Dusun Pulau Papan bahwa rekan mereka Agustian tidak ada muncul di permukaan pada saat melakukan penyelaman dan sehingga bersama beberapa  warga  dusun Pulau papan membantu mencari korban.

“Atas kerjasamanya dengan warga dan sekitar pukul 16.00 Wita korban di temukan didasar Laut  di desa Kadoda dalam keadaan meninggal dunia oleh setempat Ahir Lahasa dan Saiful M Kuna dengan menggunakan bantuan alat kompresor,”ujar Kapolsek.

“Selanjutnya, pada Minggu pagi tadi sekitar pukul 06.57 Wita Jenasah korban telah di berangkatkan menuju Ampana dengan menggunakan Perahu operasional Puskesmas  Lebiti Kecamatan Togean,” pungkas Kapolsek.*Humas*