BID HUMASSATKER

Wadir Polairud Hadiri Jalan Santai Lintas Agama FKUB Provinsi Sulawesi Tengah

Palu, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Forum Kerukunan Umat Beragama  (FKUB) Sulawesi Tengah menggelar jalan santai lintas agama untuk memperkuat persatuan dan kesatuan umat, dalam rangka meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama di Sulteng.

Kapolda Sulteng Irjen. Pol. Dr. Agus Nugroho, S.IK., SH., MH. diwakili Wadir Polairud Polda Sulteng AKBP Siradjuddin Ramly Menghadiri Jalan Santai Lintas Agama FKUB Provinsi Sulawesi Tengah itu minggu 11/6/23 pagi.

“Jalan santai sebagai media sosialisasi untuk mempererat hubungan sesama umat beragama,” ucap Ketua FKUB Sulteng Profesor Zainal Abidin.

Jalan santai lintas agama yang diselenggarakan oleh FKUB Sulteng didukung penuh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. 

Kerukunan umat beragama dalam kehidupan sosial keagamaan, kata Zainal, tidak terjadi atau terwujud dengan sendirinya. Melainkan harus ada upaya untuk mewujudkan dan meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama.

Oleh karena itu, FKUB Sulteng, sebut dia, melaksanakan jalan santai, yang salah satu tujuannya untuk memperkuat hubungan kemanusiaan sesama umat beragama. 

“Jika di tingkat masyarakat terjalin hubungan kemanusiaan yang kuat antar umat beragama, maka kualitas kerukunan dapat ditingkatkan, yang kemudian berdampak pada peningkatan keamanan dan ketertiban serta perdamaian,” ujarnya.

Di samping itu, kata Zainal, jalan sehat lintas agama sekaligus menjadi media sosialisasi untuk mengenalkan konsepsi moderasi beragama kepada umat beragama di Sulteng.

“Maka hal ini menjadi media untuk membangun umat beragama yang moderat, karena kerukunan terwujud dan meningkat kualitasnya bila umat beragama bersikap moderat dan tidak mempertentangkan perbedaan,” ujarnya.

Lewat jalan santai lintas agama, FKUB Sulteng juga mengajak kepada seluruh tokoh dan umat beragama agar melawan politik identitas pada setiap tahapan dan proses Pemilu 2024.

“Politik identitas berbasis suku, agama dan budaya, sangat mengganggu harmonisasi sosial  dan kerukunan umat beragama,” ungkap dia.

Jalan santai ini Start Dan Finish di Halaman Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palu (Jln. Prof. Moh. Yamin No. 35). (ab)