POLRESPOLRES TOLI-TOLI

Syukuran Hari Bhayangkara, Kapolres Tolitoli Bacakan Sambutan Kapolda Sulteng

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77 di Mako Polres Tolitoli disambut meriah seluruh jajaran Polri-TNI, Tolitoli, Sabtu (1/07/2023).

Di sesi potong kue ulangtahun yang tampak sakral dan penuh hikmah, selain dihadiri pejabat nomor satu di Polres Tolitoli itu AKBP Ridwan Raja Dewa SIK, juga tampak hadir Komandan Kodim 1305/BT Letkol (Inf) Lawdewick B.K Tobing, S.Sos, Komandan TNI AL Letkol Laut (P) Suharto, Kasi Intel Kejari Tolitoli Ahmad Bhirawa SH dan unsur muspida lainnya.

Kapolda Sulteng Irjen Pol Dr. Agus Nugroho, SIK. SH. MH dalam amanahnya yang dibacakan Kapolres Tolitoli AKBP Ridwan Raja Dewa SIK mengatakan, peringatan Hari Bhayangkara tahun ini hendaknya dapat dijadikan sebagai wahana introspeksi seluruh insan bhayangkara dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian.

“Saya mengharapkan momentum ini dijadikan kesempatan untuk memperkuat tekad Polri agar tetap konsisten mempererat kemitraannya dengan masyarakat. Selain itu, jadikan hari Bhayangkara sebagai milik segenap masyarakat yang merupakan bagian terpenting dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas,” kata Kapolda.

Lanjut Kapolda, seluruh capaian dan keberhasilan yang telah diraih dalam setiap pelaksanaan tugas tidak terlepas dari dukungan dan peran serta aktif segenap stakeholder dan komponen masyarakat. Dan sepanjang 77 tahun perjalanan sejarah pengabdian, Polri telah dihadapkan pada berbagai tantangan, hambatan dan cobaan yang tidak ringan.

Banyak jasa Polri yang telah diberikan kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Namun seringkali jasa dan keberhasilan Polri dianggap hal yang biasa, semua dinamika dan tempaan tersebut telah mematangkan, memperkaya dan memperkuat nilai-nilai kejuangan insan Bhayangkara sejati.

Polri banyak mengawal dan mengamankan kegiatan unjuk rasa, pengungkapan dan penindakan aksi terorisme serta penanganan kelompok radikal sehingga situasi keamanan dalam negeri saat ini menjadi aman dan kondusif. Hal ini merupakan kontribusi Polri yang signifikan dalam mendukung kelancaran pembangunan nasional.

Selanjutnya, perlu dimaklumi bersama bahwa tugas-tugas Polri ke depan akan semakin berat dan kompleks, khususnya jika dikaitkan dengan agenda Pemilu 2024, masyarakat semakin transparan dan tuntutan terhadap Polri semakin meningkat.

“Peran media saat ini semakin menonjol, karena itu Polri harus benar-benar memperhatikan aspirasi rakyat, karena itu lakukan koordinasi dan kerjasama secara sinergis dengan berbagai instansi terkait, termasuk media,” pesan Kapolda yang kembali menegaskan bahwa saat ini kekuatan media untuk membentuk opini dan persepsi masyarakat sangat mudah. Nah, ini dapat dimanfaatkan jajaran Polda Sulteng dalam pemberitaan kegiatan dan berbagai keberhasilan yang positif bagi peningkatan kepercayaan masyarakat. Polda Sulteng mempunyai cukup banyak materi yang dapat disajikan melalui media.

Pemanfaatan media, selain untuk membangun opini positif, juga sebagai pertanggungjawaban Polri kepada publik, namun demikian dapat terjadi sebaliknya, yang dimuat di media bisa saja berita negatif anggota Polri, sehingga akan terbentuk opini publik yang negatif.

“Kami sadar, berbagai upaya yang dilakukan Polda Sulteng selama ini dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat belum sepenuhnya memenuhi harapan, oleh karena itu pada kesempatan ini, saya selaku pimpinan Polda Sulteng memohon maaf atas berbagai kekurangan dan kelemahan dalam setiap pelaksanaan tugas,” lengkap Kapolda di akhir amanahnya.

Untuk diketahui, dalam rangka peringatan HUT Bhayangkara ke-77, sejumlah kegiatan digelar Polres Tolitoli mulai dari bakti sosial, anjangsana ke panti asuhan, purnawirawan Polri, dan sejumlah kegiatan lomba dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara tahun 2023.