POLRES TOUNA

Kapolsek Ampana Tete Hadiri Kegiatan Gerakan Percepatan Tanam Jagung Serentak di Desa Pusungi

Touna, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kapolsek Ampana Tete AKP Iskandar S. Deypaha, SH menghadiri kegiatan  Gerakan Percepatan Tanam Jagung di Dusun Kakar Desa Pusungi, Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Touna, Rabu (23/08/2023).

Kegiatan tanam jagung ini dalam rangka Percepatan Tanam bantuan benih jagung hibrida yang bersumber dari Kementrian Pertanian Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah di Wakili oleh Kabid Ketahangan Pangan Provinsi Sulawesi Tengah, Ir. Retno Intias, MT.  Asisten III Bidang Atminisrasi Umum Kabupaten Touna, Drs. Syarif Lasawedi M, Ap, Kadis Pertanian Ketahangan Pangan Kabupaten Touna, Mahdi, SP ,M. Si bersama jajarannya, Camat Ampana Tete Asrin W. Soga, S.Pd.i, M. Ap, Perwakilan Danramil Ampana Tete, para penyuluh pertanian, Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Propinsi Sulawesi Tengah di Wakili oleh Kabid ketahangan pangan Provinsi Sulawesi Tengah, Retno Intias menyampaikan bahwa Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Propinsi Sulawesi Tengah terus mengembangkan aawal tanam baru seperti jangung dan tanaman lain, untuk mendorong untuk percepatan tanaman jagung.

“Kita bersyukur di Kabupaten Touna, produksi jagungnya meningkat. Pada  Tahun 2022, salah satu penyumbang kenaikan produksi jagung adalah Kabupaten Touna sembilan puluh satu ribu Ton,” ujarnya.

“Untuk kami juga memberikan Aspresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Touna dan para petani karena Kabupaten Touna yang sangat menunjang produktifitas Jagung. Manfaatkan pupuk yang ada di sekitar kita untuk dang mengurangi pemakaian pupuk  kimia,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Touna di wakili Asisten III Bidang Atminisrasi Umum Syarif Lasawedi menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Touna menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi tingginya atas kegiatan yang di laksanakan pada hari ini.

“Kegiatan penanaman jagung ini perlu dikembangkan dan di ikuti dengam jumlah peternak dan Penduduk yang ada di indonesia. Untuk terciptanya ketahangan pangan yang berkelajutan, peningkatan produktifitas perlu kita tingkatkan setiap tahunnya dengan  lahan yang ada di Kecamatan Ampana Tete,” ucap Asisten III.

Dikatakannya, kegiatan gerakan tanam bertujuan untuk percepatan tanaman jangung yang ada di Kabupaten Touna dan perlu di lakukan langkah langka penggunaan benih jagung yang bermutu.

“Kiranya apa yang kita awali untuk terus berkelanjutan dan dapat memproduksi jagung secara optimal Pelaksanaan kegiatan pertanian peningkatan indeks pertanian,” katanya.

“Kami berharap kepada para petugas dan penyuluh lapangan dapat melaksanakan tugas dengan baik sehingga pengetahuan para petani dapat meningkat,” tukasnya.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan Penyerahan secara simbolis bantuan benih jagung hibrida dari Kementrian Pertanian kepada Kolompok Tani.*Humas*